32 Kader Terampil Dapat Pelatihan Pencegahan Stunting dari Dinkes

DepokNews–Sebanyak 32 kader terampil di Kota Depok mendapatkan pelatihan terkait pencegahan stunting dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Pelatihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi para kader terkait 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Zakiah mengatakan, upaya pencegahan stunting perlu sinergisitas dari seluruh komponen, termasuk kader terampil. Keberadaannya untuk membentuk motivator dan penggerak dalam meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pencegahan stunting sejak dini.

“Kader terampil ini kami berikan pelatihan, dengan harapan dapat bersinergi dan bekerja sama dalam pencegahan stunting di Kota Depok,” tuturnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (16/11/22). 

Zakiah menjelaskan, pelatihan diberikan selama dua hari, mulai 14 sampai 15 November 2022 di Hotel Savero Depok. Materi yang diberikan meliputi kesehatan lingkungan dan pemenuhan gizi. 

Lebih lanjut, ungkap Zakiah, upaya dalam mempercepat penurunan angka stunting sangat penting. Imbuhnya, pemerintah menerapkan pendekatan intervensi secara konvergen yang melibatkan multisektor di berbagai tingkatan. 

Terakhir, Zakiah berharap dengan peran kader terampil, ke depannya masyarakat dapat ikut berkontribusi terhadap pencegahan stunting. Serta memberikan pemahaman dan meningkatkan penerapan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. 

“Mengingat masalah kesehatan, terutama di 1000 HPK sangat berperan dalam pencegahan stunting, maka peran kader dan masyarakat harus optimal dalam pemenuhan status gizi anak,” pungkasnya.

sumber: https://berita.depok.go.id/32-kader-terampil-dapat-pelatihan-pencegahan-stunting-dari-dinkes