Abdimas Arsitektur & Teknik Industri UG Ciptakan Desain Meja Kursi Produksi Untuk Mitra “Markisa Manis” Mampang, Depok

Penulis : Dr. Dyah Mieta Setyawati; Remigius Hari Susanto, ST., MArs

Mitra “Markisa Manis” memiliki rumah produksi yang berada di daerah Depok, tepatnya di Mampang Indah I, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas. Mitra saat ini memiliki anggota sejumlah 5 orang. Kegiatan kader adalah mengolah sari buah markisa menjadi minuman sari buah markisa dalam kemasan 250ml dengan nama merek “seeowrens’ Mampang Depok.

Berdasarkan hasil sosialisasi kegiatan maka dapat ditemukan identifikasi kebutuhan Mitra yang merupakan permasalahan Mitra dalam mengembangkan usaha, selanjutnya dapat disusun desain program kegiatan sebagai titik tolak melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Gambar diatas merupakan gambaran perspektif meja dan kursi hasil temuan dilapangan, sebagai solusi permasalahan prioritas Mitra yang membutuhkan meja dan kursi penunjang kegiatan produksi di lokasi produksi Mitra. Berangkat dari tema kegiatan abdimas yaitu action research maka tim dosen UG pada tahap selanjutnya adalah menerapkan perspektif meja dan kursi yang telah diciptakan untuk kegiatan produksi Mitra sehingga proses pelaksanaan produksi Mitra akan lebih mudah, lebih cepat, dan diharapkan jumlah hasil produksi lebih banyak serta berkualitas. Kegiatan  abdimas ini dapat dikelompokkan sebagai program TTG dari kelompok progam studi arsitektuk dan teknik industri sebagai pengusul kegiatan PKM Markisa Manis Mampang, Depok Universitas Gunadarma.