Abdimas Dosen Arsitektur UG, Perencanaan dan Perancangan Master Plan Untuk Mitra “Markisa Manis” Mampang di Kota Depok

Penulis, Dr. Wahyu Prakosa, ST., MT

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat kali ini dilakukan oleh Tim Dosen Arsitektur Universitas Gunadarma untuk membantu permasalahan bidang supply chain (penyedia bahan produksi) yaitu membangun wilayah budidaya tanaman secara terpadu di lokasi lahan tanam markisa yang berada di Perumahan Puri Bukit Depok, Blok ABCD yang merupakan area Zona B. Pada saat ini, Mitra belum memiliki desain masterplan zona B.

Program pengembangan budidaya tanaman buah Markisa dengan para-para berbahan baja ringan di perumahan Puri Bukit Depok, Desa Sasak Panjang, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tahapan setelah membuat 1 (satu) para-para sebagai uji coba budidaya sudah mulai memperlihatkan hasilnya, hal ini terlihat dari tanaman buah markisa yang sudah tumbuh subur dan mulai berbunga, dan diperkirakan beberapa minggu setelahnya akan menjadi buah markisa. Melihat hasil yang cukup baik ini, maka tim dosen Prodi Teknik Arsitektur pada tahun 2023/2024 melakukan pengembangan lanjutan dengan memaksimalkan lahan budidaya tanaman buah Markisa.

Tim Dosen Arsitektur menyiapkan analisis konsep desain masterplan untuk lahan tanam Markisa di Perumahan Puri Bukit Depok,Blok ABCD, yaitu pada zona B. Analisis konsep desaian membutuhkan informasi dari masyarakat berupa data aktivitas yang nyata dan dilakukan saat ini  (data existing) warga khususnya RW 010 dalam bentuk FGD yang telah dilaksanakan dengan penuh keberkahan. Pada akhirnya notulen hasil FGD ini kemudian direalisasikan oleh Tim Dosen Arsitektur sebagai bentuk pelaksanaan Abdimas.

Telah berhasil dilaksanakan FGD untuk merencanakan dan merancang masterplan zona B. Tahapan Analisis konsep tampak diatas. Tim Dosen Arsitektur UG digawangi oleh Dr. Agus Suparman dengan 16 anggota Dosen memiliki bidang ilmu yang sama. Langkah selanjutnya setelah diskusi dengan warga, kemudian Tim Arsitektur melakukan survey lapangan sebagai upaya pendataan dan melihat kondisi dari 3 fasos yang akan dikembangkan. Prioritas awal adalah melakukan perencanaan dan perancangan Taman Buah Markisa dengan membuat analisis awal dan konsep masterplan yang didalamnya membuat zoning para-para buah Markisa, jalur sirkulasi, peletakan gazebo, Kolam ikan dan zona pengembangan tanaman buah lainnya bersamaTim Lapangan Arsitektur UG.