Acara Bukber Masjid An-Nahl Tanah Baru, Ustadz M. Kholid: Masjid Punya Peran Sentral bagi Umat

Depok News- Dewan Pemakmuran Masjid (DPM) An-Nahl Perumahan Ar-Royyan Tanah Baru menggelar acara buka puasa bersama jamaah dan warga sekitarnya, Ahad (2 April 2023). Acara Bukber ini dihadiri sekitar 150 orang jamaah dari lingkungan RT 006 dan RT 009 RW 004 Kelurahan Tanah Baru Kecamatan Beji.

Penceramah Ustadz Muhammad Kholid dalam paparannya menyebutkan bahwa masjid mempunyai fungsi yang sentral bagi umat Islam. Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah (seperti sholat), tetapi juga sebagai tempat untuk syuro (bermusyawarah) tentang masalah2 umat.

Da’i asal Sukmajaya Depok tersebut menambahkan, Robert Belllah (Sosiolog Barat) berpendapat bahwa syuro merupakan orisinal bersumber dari ajaran Islam. Oleh karena itu, Barat harus belajar dari Islam tentang syuro atau demokrasi.

Terkait tentang prinsip toleransi dan keberagaman dalam sejarah Islam sudah ada sejak Piagam Madinah pada Abad 7 Masehi, sementara Magna Charta baru ada pada abad 14 Masehi yang menjadi rujukan dari bangsa Barat. Jangan mengajarkan tentang toleransi dan keberagaman kepada umat Islam. “Hal ini sama seperti pepatah Jawa nguyahi segoro (menabur garam di lautan),” ujar Bang Kholid (sapaan akrab Ustadz Muhammad Kholid).

Demikian juga dengan Pancasila itu sudah sesuai dengan ajaran Islam. Sila Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Permusyawaratan dan Keadilan sudah cocok dengan nilai-nilai Islam.

Selain itu, tambah Ustadz M. Kholid, masjid berperan untuk mempersaudarakan sesama muslim (ukhuwah). Seperti yang terjadi antara kaum Muhajirin dan Anshar pada masa Nabi Muhammad Saw hijrah ke Yatsrib (Madinah). “Masjid juga bisa menjadi sarana pemberdayaan ekonomi umat. Kesatuan pembangunan ekonomi tidak bisa dipisahkan dengan ukhuwah Islamiyyah. Bisa dikatakan masjid memiliki multi fungsi, yaitu fungsi ibadah, persaudaraan, perekonomian, dan pendidikan,” pungkasnya.

Selain warga, acara Bukber tersebut dihadiri Ketua DPM An-Nahl, Mulyadi, tokoh masyarakat Ustadz Ibnu Jarir, Ketua RW 004 Sumani, Ketua RT 006/004 Setiadi, dan Ketua RT 009/004 Jasimin. Acara juga dimeriahkan oleh penampilan trio tim Hadroh Cilik “Bintang” (Al, Kindi, Kays). (hai).

Published
Categorized as Ragam