Aleg FPKS Depok, Farida Rachmayanti Ajak Warga Depok Putus Mata Rantai COVID-19 Melalui 5 M

DepokNews- Anggota DPRD Depok dari Fraksi PKS, Farida Rachmayanti menilai, keberhasilan meredam penularan COVID-19 kuncinya ada di masyarakat.

Menurut Farida, masyarakat menjadi kunci untuk menekan angka penularan Covid-19, jika mereka benar-benar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

“Masyarakat harus disiplin terhadap Prokes. Menerapkan 5 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas dan interaksi” katanya, Jumat (22/1/21).

Hal tersebut seiring dengan meningkatnya kasus positif virus Korona (Covid-19), pemerintah memutuskan untuk memberlakukan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat di Jawa dan Bali mulai 11 Januari hingga 25 Januari 2021.

“Jika tidak ada keperluan mendesak, sebaiknya di rumah, jangan malah nongkrong bersama teman-teman di luar, apalagi sampai tidak memakai masker, tidak menjaga jarak dan tidak rajin mencuci tangan,” tuturnya.

Farida mengungkapkan, pemerintah terus berupaya untuk menanggulangi Covid-19, mulai dari membuat kebijakan, memberikan bantuan sosial hingga terakhir program vaksinasi tahap pertama, yang peruntukannya diutamakan bagi tenaga medis.

“Kami di PKS Depok sendiri turut mendukung pemerintah dalam menanggulangi Covid-19, seperti melakukan penyemprotan disinfektan, pembagian masker, handsanitizer hingga mengimbau masyarakat dalam tiap kegiatan untuk patuh terhadap Prokes Covid-19,” ungkapnya.

Namun, wakil rakyat Daerah Pemilihan (Dapil) Beji, Cinere, Limo ini menegaskan, upaya apapun yang dilakukan pemerintah, akan menjadi sia-sia jika masyarakat tidak mengindahkan Prokes Covid-19.

“Kan tidak mungkin, PSBB ketat ditingkatkan lagi dengan lockdown, ekonomi nanti tidak berjalan dan kita akan lebih kesulitan lagi dari saat ini,” tegasnya.

Untuk itu, jika menyayangi keluarga, kerabat, tetangga dan teman, ia mengimbau tiap individu agar benar-benar disiplin menerapkan 5M. Sehingga, dapat terhindar dari tertular atau menularkan orang lain.

“Di mulai dari diri kita dulu, beri contoh yang baik untuk keluarga, kerabat dan lainnya dengan disiplin menerapkan Prokes Covid-19,” tutup Farida.