Anak Muda Mager? Ah, Kalau di Masjid, Para Anak Muda Itu Rajin!

Depok News- Masjid Jami Baitussalam Puri Depok Mas, RW20 Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, melaksanakan rangkaian kegiatan Idul Adha pada hari Kamis, 29 Juni 2023. Kegiatan diawali shalat Idul Adha yang dimulai sebelum pukul 7 pagi. Shalat diimami Ustadz Fauzan Adziman Siregar, AlHafizh. Dan khutbah Idul Adha disampaikan oleh Ustadz Faisal Kunhi, M.A.

Penyembelihan hewan kurban dimulai sekitar pukul 8 pagi. Hewan kurban sapi berjumlah 19 ekor, sedangkan domba dan kambing total berjumlah 39 ekor. Sebanyak kurang lebih 1450 kantung daging disalurkan kepada penerima yang terdiri dari warga RW20 Puri Depok Mas, para pekerja di lingkungan Puri Depok Mas serta warga sekitar. Daging pun dapat juga dinikmati warga non-muslim yang berkenan. Distribusi juga dilakukan melalui beberapa mitra yayasan dan masjid terdekat dalam bentuk 16 hewan domba utuh.

Panitia terdiri dari pengurus DKM Masjid Jami Baitussalam Puri Depok Mas serta sejumlah warga RW20 Puri Depok Mas yang dibantu personil dari luar lingkungan perumahan tersebut.

Para bapak dan ibu berbagi tugas sesuai peran yang sudah ditentukan, mulai dari pemotongan hewan hingga pengemasan daging dan distribusi. Ibu-ibu Majelis Taklim Khairunnisa tampak kompak, baik dalam berpenampilan maupun dalam mengerjakan bagian tugas yang menjadi tanggung jawab mereka.

Semua guyub gotong royong bekerja sama dengan dengan harapan menjadi catatan amal shalih dan mendapat ridho Allah subhanahu wa ta’ala.

Yang menarik adalah adanya sejumlah anak muda RW20 Puri Depok Mas yang terlibat aktif. Menurut mereka, ada kurang lebih 20 orang ikut membantu. Tampak ciri khas mereka, para anak muda yang sibuk menyelesaikan bagian tugas sambil tetap ramai bercanda satu sama lain.

Peran para anak muda di kegiatan penyembelihan hewan kurban memang cukup penting. Mereka terutama membantu proses penanganan hewan yang disiapkan untuk disembelih sesuai nomor urut. Ada yang membantu penyembelihan dan ada yang membantu pencacahan daging. Selain itu, para anak muda tersebut juga kemudian bertugas menangani sebagian distribusi daging yang diantarkan ke para penerima sesuai data.

Kebanyakan dari para anak muda itu berada di jenjang usia kuliah dan kerja, sementara sebagian lagi ada yang berusia sekolah SMP dan SMA.

Ketika ditanyai bagaimana kesan dan pesan para anak muda atas kegiatan kurban di Masjid Jami Baitussalam Puri Depok Mas, mereka sebutkan sudah cukup baik dan menyenangkan. Dan menurut mereka, jika ingin lebih banyak lagi anak muda yang ikut kegiatan di masjid, maka terutama harus melalui ajakan orangtua mereka. Karena memang sebagian besar anak muda banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, setelah lelah sekolah, kuliah atau bekerja.

Setelah selesai kegiatan panitia kurban, para anak muda berencana akan ramai-ramai bakar sate. Sudah terbayang lezat bumbu dan aroma asap bakaran daging.

Mari para orangtua, ajak para anak muda bersama-sama ke masjid. Semoga di masa depan pun semakin banyak anak muda yang dirahmati Allah menjadi cinta masjid dan mau aktif beramal shalih di masjid.

Published
Categorized as Ragam