Audiensi Salimah dengan Fraksi PKS DPRD Depok, Hafid Nasir: Kami Berharap Salimah Berkolaborasi dengan Dinas-dinas Terkait

Depok News – Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kota Depok mengadakan audiensi dengan Fraksi PKS DPRD Kota Depok di Ruang Rapat Fraksi, Senin (11 Des 2023). Kedatangan mereka dipimpin Ketua PD Salimah Depok Nur Komariah didamping jajaran pengurus lainnya. Rombongan diterima Ketua Fraksi PKS Hafid Nasir dan staf Fraksi.

Pada kesempatan tersebut, Nur Komariah selaku Ketua Salimah Depok mengutarakan maksud kehadiran mereka adalah mengharapkan arahan dan masukan Fraksi PKS agar jalannnya roda organisasi berjalan dengan baik. Nur Komariah menyebutkan bahwa Salimah berdiri secara nasional tahun 2000 dan dibentuk di Depok tahun 2006. Khusus Salimah Depok baru saja mengadakan Rakerda bulan November kemarin.

Nur Komariah menambahkan, di Depok ada 11 cabang Salimah di tingkat kecamatan dan baru ada pengurus di 50-an kelurahan. Targetnya setiap tahun ada pertambahan cabang di kelurahan. “Kami sudah bergabung dengan GOWD (Gabungan Organisasi Wanita Depok). Setiap bulan kami ada kegiatan yang berjalan, Tapi, kami belum punya kantor sendiri. Kantor yang sekarang masih nyewa. Kami pingin punya kantor sendiri yang sudah kami upayakan sejak zaman Walikota Nur Mahmudi Ismail. Kalo bisa pada kepengurusan sekarang ada kantor sendiri dan kami mau mengajukan kembali untuk memperoleh kantor tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Salimah Depok, Dwi menambahkan bahwa Salimah telah mengadakan rakerda November kemarin dan sudah menghasilkan proceeding untuk lima departemen dan proposal kemitraan yang membutuhkan arahan dan support untuk program-program Salimah. “Pada bulan September lalu kami mengadakam Salimah EXPO di D’Mall Depok. Dalam hal ekonomi kami punya kemandirian, misalnya dengan FOSSUMA. Kami tidak hanya mengharapkan pendanaan dari luar. Salah satu program kami adalah Program Rumah Pendidikan Salimah memang dibentuk untuk mendirikan PAUD atau mengakuisisi PAUD-PAID yang informal yang perlu dibina. Kolaborasi yang pernah dilakukan, yaitu dengan Pemkot dan dinas-dinas terkait, misalnya DKUM dan Dinkes.

Merespon masukan dan harapan yang disampaikan, Ketua Fraksi PKS Hafid Nasir berharap Salimah bisa berkolaborasi dengan Fraksi. Masalah lainnya, bagaimana Salimah bisa memiliki kantor sendiri, Fraksi akan memfasilitasi agar keinginan tersebut bisa terwujud. Terkait program unggulan Salimah, yaitu Rumah Pendidikan Salimah, Pak Hafid (sapaan Hafid Nasir) menawarkan agar Salimah merajut PAUD-PAUD yang informal agar bisa dibina dan difasilitasi (Salimah sbg fasilitator).

“PD Salimah jangan berpikir hal-hal yang teknis (mendirikan PAUD). Menurut saya, jika Salimah belum punya kantor, jangan berpikir utk mendirikan PAUD dulu, karena tidak ada lahannya. Sementara yang bisa dilakukan adalah memfasilitasi PAUD-PAUD informal tersebut. Saya bisa memfasilitasi Salimah untuk bisa beraudiensi dengan Disdik, DKUM, Dinkes dan Dinsos, atau DP3AP2KB. Untuk proposalnya, Salimah bisa mengajukan lewat Musrenbang Januari 2024 nanti,” ujar anggota Komisi B DPRD Depok ini. (Hai)