Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok Menggalang Dana Kemanusiaan untuk Korban Konflik di Palestina

DepokNews- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok bergerak dengan hati yang tulus untuk mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama dalam meningkatkan solidaritas kemanusiaan bagi warga Palestina yang saat ini menghadapi konflik akibat serangan Israel. Bantuan kemanusiaan ini diharapkan dapat meringankan beban warga Palestina yang sedang mengalami krisis kemanusiaan yang berkepanjangan.

“Kami mengajak masyarakat Indonesia, untuk bersama-sama meningkatkan solidaritas kemanusiaan bagi warga Palestina. Bantuan kemanusiaan dari masyarakat Indonesia akan dapat meringankan beban warga Palestina,” ujar Ketua Baznas Kota Depok, Endang Ahmad Yani dalam keterangan yang diterima, Sabtu (04/11/2023).

Namun demikian, mengingat kondisi konflik terbaru yang melanda Palestina, Baznas Kota Depok akan menyerahkan bantuan tersebut melalui Baznas Republik Indonesia (RI). Bantuan akan selanjutnya disalurkan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI.

Kementerian Luar Negeri RI telah mengusulkan agar sementara ini bantuan dapat disalurkan melalui Komite Internasional Palang Merah (ICRC) karena lembaga kemanusiaan tersebut masih belum diperkenankan masuk ke wilayah Gaza. ICRC adalah sebuah organisasi internasional yang bertujuan untuk menjamin perlindungan dan bantuan kemanusiaan bagi korban konflik bersenjata dan situasi kekerasan lainnya.

Selain menggalang dana, Ketua Baznas Kota Depok, Endang Ahmad Yani juga melaporkan bahwa telah menerima bantuan kemanusiaan untuk Palestina dari Masjid An Nuriyyah Cilodong sebesar 13 juta rupiah. Penyerahan bantuan ini secara simbolis diserahkan oleh pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid An Nuriyyah, yaitu Nasihin dan Sumaryanto.

“Kami ucapkan terima kasih, terutama kepada seluruh jamaah Masjid An Nuriyyah Cilodong dan seluruh elemen masyarakat yang telah ikut serta dalam membantu saudara kita di Palestina. Mari kita mendoakan saudara-saudara kita di Palestina agar diberikan kekuatan oleh Allah SWT,” ucap Ketua Baznas Kota Depok, Endang Ahmad Yani.

Endang menekankan bahwa Baznas Kota Depok konsisten dalam mendukung kemerdekaan bangsa Palestina dan berharap agar konflik yang berkepanjangan segera dihentikan dan diselesaikan secara damai dan adil.

Sementara itu, Baznas Kota Depok juga bergerak dalam memberikan bantuan kepada warga lokal yang membutuhkan. Mereka mendistribusikan kursi roda kepada Ibu Suwarsih, seorang warga yang mengalami kesulitan berjalan akibat gejala stroke ringan. Bantuan tersebut juga meliputi perlengkapan kesehatan seperti pampers.

Kursi roda dan perlengkapan kesehatan ini diserahkan oleh tim pendistribusian Baznas Kota Depok kepada Ibu Suwarsih yang tinggal di Kampung Tipar RT003/009, Mekarsari, Cimanggis, Kota Depok. Ibu Suwarsih, sebagai penerima manfaat, menyampaikan rasa syukurnya atas bantuan tersebut dan berharap bahwa pendistribusian alat-alat bantu berjalan ini akan memberikan keberkahan bagi para donatur yang telah menyalurkan bantuannya melalui Baznas Kota Depok.