Balada Kader RKI Kelurahan Rangkapan Jaya Baru

Beduk Subuh sudah berkumandang, tanda sudah mulai mepet persiapan dapur. Semua kebutuhan pagi yang ada di daftar kepala para ibu muda, sebagian juga ibu-ibu di atas 50 tahun. Kekuatan ruhiyahnya yang terpatri selama ini adalah modal dalam menjalani kegiatan PKS Menyapa. Selesai adzan selesai pula semua sarapan untuk keluarga, tinggal membangunkan anak-anak untuk sholat Subuh. Anak laki-laki ke masjid dan yang wanita sholat di rumah.

Bapak yang pulang dari masjid mempersiapkan motor untuk menuju acara PKS Menyapa. Acara di mulai jam 06.00. Kordinasi kilat yang sudah dilakukan sebelumnya, mulai teriakan kecil meminta pasang sound, dan meja hingga pemasangan semua atribut. Tak lupa menelpon instruktur senam agar pasti datang.

“Alhamdulillah,” guman Bu Nur Hidayah, Ketua Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Kelurahan Rangkapan Jaya Baru. Seiring mulai berdatangannya warga yang didominasi emak-emak.

Senam pun dimulai. Gerakan kepala, tangan kaki, dan badan berkombinasi guna membakar kalori dan menghasilkan peluh. Bulir-bulir keringat mengalir dari dahi hingga seluruh badan. Kepiawaian instruktur senam membawa kebahagian tersendiri dari setiap gerakan. Senyum tak henti-henti dari bibirnya sambil mengeluarkan intruksi agar gerakan lebih sempurna. Energik dan ceria tergambar dari setiap geraknya yang diikuti emak-emak tepat di depannya. Lanjut proses pendinginan disertai teriakan Pe…Ka..Es berulang-ulang.

Senam selesai sudah. Kini berganti kegiatan sosial penjualan baju layak pakai dan cek gula darah serta asam urat. Panitia mulai sibuk memanggil dan melaksanakan tugas. Beruntung ada sound system, jadi tidak perlu teriak-teriak untuk memanggil emak-emak yang mau ikut giat tersebut.

Waktu 30 menit berlalu dan mulai mengurai keramaian. Teriakan salam sambil mengiringi kepulangan emak-emak dan beberapa panitia yang punya agenda lanjutan. Jam 09.00 panitia mulai mengembalikan meja-meja dari pinjaman perseorangan. Berseliweran panitia dibantu kader pria mengembalikan barang-barang berukuran besar kepada pemiliknya menggunakan sepeda motor.

Akhirnya, tinggal panitia inti yang langsung membicarakan kegiatan selanjutnya di sana. Kegitan hari ini ditutup dengan ucapan “Alhamdulillah” atas kesempurnaan acara barusan, karena Allahlah tujuan acara ini dan Dialah penyempurnanya.

Pejuang RKI siap pulang sambil dipenuhi rencana kegiatan rumah tangga di kepalanya.

Ayo Berkontribusi buat PKS!

Depok, 13 November 2022

H. Nasrul
Ketua DPC PKS Pancoran Mas periode 2012-2014