Kepala Bidang Perindustrian Disperdagin Depok, Nasrudin (kiri) bersama Pengawas Muda HKI, Kemenkum HAM RI, Fitriadi Purnomo (kanan) sedang memberikan konsultasi kepada salah satu pelaku usaha pada Sosialisasi HKI Disperdagin Depok di Wisma Hijau, Selasa (22/11/22). (Foto : JD01/Diskominfo).

DepokNews–Sebanyak 38 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) mendapatkan Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok. Sosialisasi tersebut dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 21-22 November 2022 di Wisma Hijau, Kecamatan Cimanggis.

Kepala Bidang Perindustrian Disperdagin Depok, Nasrudin menyebutkan, sosialisasi ini merupakan bukti kepedulian Pemerintah Kota (Pemkot) Depok kepada perkembangan pelaku usaha. Selain sosialisasi, dalam kegiatan ini pelaku usaha juga dapat berkonsultasi terkait HKI dengan Disperdagin Depok dan Direktorat Jendral HKI Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“Saat ini animo masyarakat untuk mendaftarkan logo dan nama produknya cukup tinggi. Untuk itu, kami memfasilitasi dengan mendaftarkan merek-merek pelaku usaha secara gratis,” tuturnya seperti dikutip berita.depok.go.id, usai kegiatan, Selasa (22/11/22).

Lanjut Nasrudin, masih banyak pelaku usaha yang belum memahami prosedur yang harus disiapkan dan dilakukan. Maka melalui kegiatan ini, pihaknya mengedukasi pelaku usaha tentang pentingnya mendaftarkan HKI dan prosedur serta proses yang harus dilakukan.

Dikatakan Nasrudin, dari 38 pelaku usaha terdapat beberapa catatan yang ditemukan. Seperti, kesamaan atau kemiripan logo dan merek produk, baik dari segi warna, penyebutan atau penulisan.

“Kami memberikan kesempatan sepekan kepada pelaku usaha untuk memperbaiki logo dan merek yang akan didaftarkan. Setelah ada perubahan baru didaftarakan ke kami,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ucap Nasrudin, Disperdagin Depok juga sudah membuka layanan konsultasi setiap harinya. Baik offline ataupun online.

“Layanan konsultasi dapat dilihat pada media sosial serta web disperdagin.depok.go.id atau pelaku usaha dapat menghubungi nomor 021-294-02-273,” kata Nasrudin.

Nasrudin berharap pelaku usaha bisa menfaatkan pelayanan Disperdagin Kota Depok agar usahanya makin maju dan berkembang.

“Dengan kerja keras dan di bantu Pemkot Depok insya Allah pelaku usaha warga Depok akan semakin berkembang,” pungkas Nasrudin.

Previous articleBantu IKM, Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Disperdagin Kota Depok Mendapat Apresiasi Kemenkum HAM RI
Next articlePesantren Assaadah Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Kenakalan Remaja