Bantu UMKM untuk Maju, Universitas Gunadarma Adakan Workshop UMKM Series #3

DepokNews–Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah tulang punggung ekonomi nasional, tetapi pandemi COVID-19 telah menghantamnya dengan keras. Pembatasan mobilitas menyebabkan penurunan penjualan dan pendapatan UMKM. Salah satu solusi adalah memasarkan produk secara digital, namun banyak UMKM belum terampil dalam hal ini. Dibutuhkan dorongan digitalisasi UMKM dan peningkatan kualitas SDM. Untuk mengatasi masalah ini, Universitas Gunadarma menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat pelaku UMKM dengan memberikan pembinaan atau pendampingan.

Salah satu bentuk pendampingan tersebut, para pelaku usaha UMKM diberikan berbagai pelatihan atau Workshop. Pada kegiatan Workshop tersebut para peserta juga bisa membuka stand secara gratis untuk menjajakan barang dagangannya, seperti Workshop UMKM Series 3 yang digelar pada Selasa (11 Juni 2024) di Kampus F4 Universitas Gunadarma, Jl.Raya Bogor No.20 Depok.

Dalam sambutannya Dr. Feni Andriani, S.Si., M.Si., M.T sebagai Staf Tax Center Universitas Gunadarma menjelaskan, Universitas Gunadarma berharap dengan mengikuti pelatihan para pelaku UMKM akan bisa lebih maju dan bisa memasarkan produknya secara nasional bahkan interbasional.

“Saat ini era digitalisasi, kami akan memberikan pelatihan agar pelaku UMKM bisa menjual produknya secara online selain offline. Namun untuk bisa menjual online secara profesional, baik produknya maupun layanannya perlu ilmu dan pengalaman, maka pada Workshop ini selain kami menghadirkan para nara sumber yang sudah pengalaman para pelaku usaha juga akan dibeerikan teknik memfoto produk secara profesional, cara membuat kemasan yang menarik,” kata Dr. Feni Andriani.

Pada kegiatan ini hadir dua nara sumber yaitu Dr. Muhamad Farid Mahmud, S.E. M.M.Dosen Prodi Manajemen Universitas Gunadarma dan Trisno Sutjipto, S.T.Owner KoTian Maker dan Brand Consultant.

Para nara sumber secara jelas memaparkan berbagai teknik untuk meningkatkan usaha, dari mulai membuat kemasan, teknik melayani dan menjaga agar para pembeli merasa puas terhadap kualitas barang dan layananannya, termasuk teknik menjual secara online.

Acara ini diikuti puluhan pelaku UMKM dari berbagai wilayah di Kota Depok yang secara antusias menyimak paparan nara sumber.
Turut hadir dan memberikan sambutan pada acara ini pejabat dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil Jabar III.