BERBAGI CERIA DENGAN WARGA BERDAMPAK GEMPA DI CIANJUR

Pasca gempa, selasa 21 Nov 2022 hari rabunya DPD PKS Depok mengirimkan 10 Relawannya. Salah satu fokusnya adalah mengirim bantuan dan pelayanan kesehatan di beberapa titik gempa yang sangat berdampak.

Saat itu juga DPD PKS Depok mencanangkan program 1000 kotak nasi/hari yang dimasak di Depok untuk dikirimkan ke tenda-tenda pengungsi di beberapa titik gempa Cianjur.

Aksi selanjutnya adalah tanggal 02 Des s.d 05 Des 2022 mencanangkan program Trauma Healing tahap 1.

Trauma Healing adalah suatu proses pemberian bantuan berupa penyembuhan untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, panik, dan gangguan lainnya karena lemahnya ketahanan fungsi-fungsi mental yang dimiliki individu.

Dengan cara ini, mereka bisa bertahan hidup kembali tanpa bayang-bayang masa lalu akibat gempa bumi.

Beberapa kegiatan program Trauma Healing yang sederhana :

  1. Story Telling
  2. Games interaktif
  3. Yel-yel
  4. Mewarnai
  5. Menggambar
  6. Menyanyi
  7. Doorprize
  8. Senam otak
  9. Aksi Teatrical
  10. Pesan2 motivasi, semangat, bangkit dan move on

Trauma Healing (TH) tidak mesti dilakukam oleh berlatar belakang Psikologi, para guru-guru yang biasa sehari-hari berhadapan atau mengajar anak-anak pun bisa melakukannya atau seorang yang memilki talent publik speaking pun bisa melakukannya.

Alhamdulillah kegiatan Trauma Healing (TH 1) berjalan dengan lancar dan sangat antusias direspon oleh anak-anak korban gempa Cianjur, bahkan para orang tuanya pun ikut bahagia.

Kita pahami korban gempa tidak saja butuh buntuan makanan dan lainnya yang bersifat fisik, tapi jiwanya juga harus pula diisi dengan muatan-muatan yang bisa membangkitkan kembali dari trauma musibah tsb. Jiwa yang “down” pun bisa diisi dengan muatan konsep takdir Allah, hikmah dibalik musibah, keperkasaaan dan kekuasaan Allah meliputi segalnya, dan kelemahan manusia sebagai hambah Allah.

Pada hari Jumat-Ahad tanggal 9-11 Desember 2022 kembali kami mengadakan Trauma Healing tahap 2 dengan 7 Relawan PKS Depok.

Di tahap 2 ini kami mengadakan di 5 titik, dari target kami 400 anak membengkak animo kehadiran sampai 900 anak-anak.

Berikuta data kegiatan Trauma Healing (TH) DPD PKS Depok 10-11 Desember 2022

🟥 Tanggal 10-12-2022

🔶️SDN Talaga 2 Cirumput: 200 Anak

🔶️Madrasah Al-kausar Desa Bangbayang, Gekbrong : 120 Anak
( Note: tidak terdampak & tingkat kerusakan 0 , namun berdampak pada Psikologis)

🟥 Tanggal 11-12-2022

🔶️Kp. Cikujang, Desa Sukaratu Gekbrong : 250 Anak

🔶️Kp. Menak Desa Sukawangi Rancagong : 50 Anak

🔶️Majelis Baitullah Jambudipa, Warung Kondang : 300 Anak

Total : 920 kehadiran Anak-anak ditambah ibu-ibu.

Di setiap titik lokasi juga di hadiri ibu-ibu atau para orang tua dari anak-anak yang hadir, mereka sangat antisias sekali dan berharap diadakan di tempatnya kembali.

Disamping mengadakan Trauma Healing, kami & tim juga memberikan goody bags, pakaian2 dalam baru buat para ibu-ibu, susu kotak, dan buku iqro buat anak-anak dan Al quran untuk dewasa, Roti2 dan makanan ringan kainnya, serta doorprize tumbler.

Ada hal yang membuat kami tersentuh saat kegiatan di titik 1 tepatnya di SDN Talaga 02, Cugenang. Ada dokter relawan yang lewat tempat kegiatan secara spontanitas mampir dan memberikan segepok uang 10 rb-an untuk dia bagikan ke semua anak anak yang hadir, hal ini membuat kami haru.

Bahkan di Titik 5 lokasi Jambudipa Warung kondang, acara diadakan di kediaman Bunda Anna/KH.Asep Usman (beliau adalah cucu dari Aang Kyai terkenal di Warung kondang).

Bunda Anna menjadi motornya untuk belusukan ke kampung se RW mengajak anak-anak hadir dalam kegiatan Trauma Healing di tempatnya.

Momentum kegiatan Trauma Healing pun agak berbeda, karena konten acaranya disajikan dalam bentuk drama teatrical. Hal ini membuat anak-anak sangat antusias menyimak dan berbahagia serta bis mengambil pesan hikmah dari teatrical tsb.

Peran kami memang belum seberapa, tapi setidaknya kami sudah hadir bersama mereka para korban gempa disaat mereka masih dalam trauma dan hidup dalam keterbatasan fasilitas, karena sebagian mereka rumah-rumahnya sudah hancur dan tinggal di tenda-tenda pengungsi.

Wahai warga Cianjur yang berdampak, kami dari Relawan DPD PKS Depok akan selalu bersama kalian..kalian tidak sendirian..

Wassalam,
Bang Fai
Media Support Relawan DPD PKS Depok
wa.me/+628119785033