Jakarta — Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi. Kerjasama tersebut tertuang dalam bentuk penandatanganan perjanjian kerja sama oleh Bupati Wakatobi H. Haliana, S.E dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNJ yang berlangsung Kampus UNJ. Rabu 23 Februari 2022.

Pada kesempatan tersebut dari pihak UNJ dihadiri oleh Direktur dan Para Wakil Direktur Pascasarjana, Para Koordinator Program Studi di lingkungan Pascasarjana UNJ.

Untuk tamu dari Pemda Kabupaten Wakatobi dihadiri oleh, Nadar, M. Si. Selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wakatobi, Mulyanto, M.M. selaku Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, dan La Ode Ifi, M.M. Selaku Kepala Bagian Protokoler.

Acara diawali dengan pengantar dari Dr. Achmad Husen, M.Pd. selaku Koorprodi Manajemen Lingkungan, ia mengatakan gagasan kerja sama ini di prakarsai dari diskusi Kuliah Kerja Lapangan (KKL).

” Kalau KKL hanya sekali, maka dampaknya tidak terasa dan bermakna. Untuk itulah dibuatnya sebuah kerja sama agar berkelanjutan dan berlangsung lama sehingga dampaknya dapat terasa,”ujarnya.

Sementara itu Prof. Dedi Purwana selaku Direktur Pascasarjana UNJ menambahkan bahwa perguruan tinggi tidak boleh lagi seperti menara gading yang sibuk dengan urusan keilmuannya tapi lupa apa yang terjadi pada masyarakat sekitar.

Padahal masyarakat sekitar berharap bahwa keberadaan perguruan tinggi mampu memberikan solusi kepada persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat.Untuk itu penting sekali membangun kerja sama ini, khususnya dengan Pemda Wakatobi.

” Apalagi mengingat Pascasarjana UNJ saat ini juga mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun 2022, masyarakat Wakatobi dan masyarakat umum dapat mendaftarkan diri menjadi bagian dari mahasiswa Pascasarjana UNJ dan juga beberapa Program Studi Pascasarjana UNJ sudah terakreditasi internasional sehingga dengan status akreditasi ini diharapkan dapat maksimal menjalin kerja sama dengan Pemda Wakatobi untuk meningkatkan potensi Wakatobi,” ujar Prof. Dedi.

Sementara itu H. Haliana, S.E. selaku Bupati Wakatobi mengatakan bahwa sebagai pemerintah daerah menyampaikan terima kasi atas kepercayaan UNJ untuk bisa bekerja sama dengan kami. Kabupaten Wakatobi membuka diri, karena begitu pentingnya kehadiran perguruan tinggi dalam memberikan kontribusi pemikiran, ujar H. Haliana, S.E.

Pada kesempatan ini juga, Dr. Totok Bintoro selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama yang dalam hal ini mewakili Rektor UNJ karena berhalangan hadir, mengatakan UNJ sebagai perguruan tinggi selalu berupaya untuk mewujudkan keunggulan dari tridarma perguruan tinggi antara lain UNJ terus melakukan kerja sama dan pendampingan wilayah dengan beberapa di Indonesia.

“terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Wakatobi yang bersedia melakukan nota kesepahaman dengan UNJ, dengan harapan MoU ini segera terealisasi dan berjalan dengan baik.” Tutup Dr. Totok Bintoro.