Berlangsung Meriah dan Diikuti Ratusan Pelaku UMKM, Bunda Elly Buka Acara Festival UMKM Sukatani 2023

Depoknews, Tapos – Ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kelurahan Sukatani mengikuti kegiatan Festival UMKM tahun 2023. Kegiatan yang digelar oleh Komunitas UMKM Kelurahan Sukatani tersebut berlangsung meriah bertempat di Lapangan Swis Kelurahan SukataniKecamatanTaposKotaDepok, pada Ahad 5 Maret 2023.

Ketua UMKM Sukatani, Siti Syarifah mengatakan, Festival UMKM merupakan salah satu program pengelola UMKM wilayah Sukatani Tapos dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Alhamdullilah masyarakat sangat antusias mengikuti Festival UMKM Sukatani yang berlangsung dari pagi sampai sore pada hari ini. Meriah sekali, diikuti kurang lebih 100 pelaku UMKM yang tersebar di seluruh Kelurahan Sukatani Tapos serta ratusan pengunjung warga Sukatani dan sekitarnya. Para anggota kami, pelaku UMKM mempromosikan produknya kepada masyarakat,” kata Siti Syarifah pada Ahad (5/03/23).

Kegiatan Festival UMKM Sukatani 2023 dibuka secara resmi oleh istri Walikota Depok sekaligus Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) kota Depok – Elly Farida yang didampingi Tokoh Perempuan Tapos Dr. Nuryuliani S.Kom., MM, dan Praktisi Ketahanan Keluarga drg. Hj.Dewi Ikawati S. Turut dihadiri Camat Tapos Abdul Mutolib, Lurah Sukatani David Eko Purnomo, Ketua Pokja 2 TP PKK Kecamatan Tapos Suyatun, para Ketua RT dan Ketua RW setempat serta masyarakat Sukatani. Kegiatan Festival UMKM Sukatani diisi pula dengan kegiatan Senam Nusantara, Pagelaran Tari dan lagu daerah, lomba mewarnai serta panitia menyediakan doorprize bagi yang beruntung.

Ketua Dekranasda Kota Depok Elly Farida atau lebih sering dipanggil Bunda Elly, mendukung dan menyambut baik program kegiatan Festival UMKM Sukatani dan memotivasi terkait peningkatan perekonomian masyarakat melalui gerakan UMKM.

“Saya mengapresiasi dan menyambut baik atas berbagai upaya dilihat dari para pelaku UMKM yang ada di seluruh masyarakat penjuru Kota Depok ini mulai nampak dan berkibar seiring meredanya pandemi. Harapannya bahwa IPM akan naik ketika kemudian UMKM juga mampu membangkitkan semangat para warga untuk memajukan perekonomian di wilayah masing-masing,” ungkap Bunda Elly kepada reporter Depoknews usai membuka acara Festival UMKM Sukatani 2023.

Bunda Elly berharap kolaborasi yang dilakukan antara program pemerintah dukungan masyarakat ini menjadi satu hal yang bagus ke depannya bagi kemajuan-kemajuan masyarakat di Kota Depok.

“Mudah-mudahan acara yang dibangun secara sinergi ini akan melahirkan satu nilai manfaat yang bersama-sama dirasakan setiap wilayah karena Insya Allah bersama kita ringan, bersama itu kita mudah, bersama itu kita bisa,” ungkapnya lagi.

“Saya mengaturkan terima kasih untuk semua dukungan Pak Camat , Pak Lurah, dan RT RW, serta PKK atas kegiatan kolaboratif UMKM yang ada di lingkungan Kelurahan Sukatani,” sambung Bunda Elly.

Sementara Camat Tapos Abdul Mutolib mengatakan, Festival UMKM Sukatani seiring dengan program pemerintah kota Depok yakni menciptakan wirausaha baru kemudian juga pengusaha perempuan maka kolerasi dengan program pemerintah.

“Dengan kegiatan festival UMKM ini mudah-mudahan terbangun perekonomian yang kuat di UMKM dan program ini adalah mendukung dari program pemerintah,” kata Abdul Mutolib.

Camat Tapos itu berharap UMKM Kelurahan Sukatani semakin naik kelas, semakin maju, dan semakin sejahtera.

“Mudah-mudahan pelaku UMKM terus meningkatkan kapasitas dirinya kemudian mari sama-sama warga masyarakat Sukatani Tapos mencintai dan membeli produk UMKM,” himbaunya.

Di waktu yang sama, Lurah Sukatani David Eko Purnomo, menjelaskan Festival UMKM di wilayahnya bisa terlaksana dengan baik karena adanya komunikasi yang baik dari berbagai pihak terutama pengurus dari Komunitas Pelaku UMKM Sukatani.

“Semoga UMKM Sukatani tetap terus komunikasi dengan pihak Kelurahan dengan program kegiatan-nya. Pesan kami agar para pelaku UMKM untuk lebih giat dalam memasarkan produk-produknya,” kata David.

Senada, Dr. Nuryuliani, S.Kom., MM selaku tokoh perempuan asli Sukatani sekaligus sponsor kegiatan mengatakan, Kelurahan Sukatani telah memiliki wadah komunitas UMKM yang keberadaanya sangat penting di masyarakat. Ia juga mengajak masyarakat membantu membangkitkan UMKM.

“Ayo kita gerakan perekonomian kita dengan membeli produk-produk UMKM yang terdekat dari kita : dari kita oleh kita dan untuk kita.” tandas Nuryuliani. (shl)