DepokNews – Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPD PKS Kota Depok mengadakan sekolah pra nikah seri ke-7 dengan tema “Ta’aruf Terindah Menuju Pernikahan Barokah” pada Sabtu malam melalui zoom meeting.

Acara ini diisi oleh Ustad Muhsinin Fauzi selaku trainer dan motivator. Dalam ceramahnya, Ustad Muhsinin menjelaskan bahwasannya taaruf merupakan budaya yang lahir dari proses khitbah yang sangat sakral.

“Khitbah atau lamaran merupakan proses yang sangat sakral maka dari itu lahirlah pra khitbah yang kini kita kenal sebagai ta’aruf dalam rangka mengenali pasangan sebelum menikah,” ujarnya, Sabtu (12/02/22).

Ustad Muhsinin menjelaskan pentingnya untuk mengenali pasangan sebelum menikah pasalnya dari pernikahan akan lahir generasi-generasi yang menentukan masa depan. Selain itu dalam pernikahan pula diperlukan visi misi kehidupan.

“Ketika melakukan ta’aruf jangan libatkan perasaan sehingga hasilnya tidak efektif, maka dari itu diperlukan perantara yakni para ustad, ustadzah ataupun orang tua agar dapat melihat dengan jelas apakah orang yang diajak ta’aruf cocok dengan kita,” jelasnya Ustad Muhsinin.

Hasil ta’aruf yang objektif akan membuat pernikahan menjadi bahagia karena saling melengkapi, contohnya pemberani dengan penyabar, ungkap Ustad Muhsinin. Jika sudah melibatkan perasaan, maka apabila ada sifat yang sebenarnya sangat tidak cocok namun karena sudah cinta maka sifat itu diabaikan, dikhawatirkan akan menimbulkan pertengkaran di kemudian hari.