Brimob Bakal Turunkan 2700 Anggota Amankan Aksi Reuni Alumni 212

DepokNews–Sekitar 2.700 anggota pasukan Brigade Mobile (Brimob), lengkap dengan sejumlah kendaraan taktis bakal diterjunkan untuk mengamankan proses jalannya aksi damai alumni 212 yang direncanakan bakal berlangsung di Monas, Jakarta pada 2 Desember 2018, mendatang.

Wakil Komandan Korps Brimob, Brigjen Abdul Rakhman usai memimpin apel pasukan di lapangan utama Markas Komando Brimob, Kelapa Dua Depok, pada Rabu (28/11/2018) mengatakan
untuk memastikan kesiapan jajarannya, sejumlah petinggi Brimob pun menggelar apel pasukan pengecekan langsung personil dan kendaraan taktis yang bakal di kerahkan.

“Pengecekan kesiapan operasional ini selain personil, terutama dari segi aspek saran dan prasaran. Baik itu sarana komunikasi, sarana transportasi, sarana persenjataan, amunisi dan sebagainya,” katanya.

Dirinya mengungkapkan, pengecekan itu dilakukan dalam rangka menghadapi tugas-tugas di bulan Desember.

“Sesuai kalender Kantibmas, ada pengamanan penyampaian pendapat dimuka umum oleh saudara-saudara kita persatuan alumni 212 tanggal 2 mendatang,” katanya

Pihaknya, kata Rakhman, ingin memberikan pelayanan yang terbaik agar kegiatan tersebut berjalan aman lancar dan tertib.

Selain pengamanan 212, Brimob juga mempersiapkan diri untuk pengamanan Operasi Lilin yang bakal dilakukan jelang Natal dan tahun baru.

Khusus untuk pengamanan 212, lanjut Rakhman, di Polri ada yang namanya operasi kontigensi aman nusa satu.

Adapun sasaranya adalah konflik sosial, unjuk rasa dan sebagainya.

Salah satu kegiatan yang terkait dengan itu adalah seperti 212, jajaran Korps Brimob itu di dalam operasi tersebut adalah satgas tindak.

Oleh karenanya itu disiapkan kendaraan taktis, water canon, kawat barier ambulan dan sebagainya.

“Dalam operasi ini kita siapkan sekitar 2.700 personil. Apa bila ada permintaan tambahan, kita akan berkoordiansi dengan polda lain sesuai kebutuhan,”katanya.