Cegah Covid-19 FKKUKD Salurankan APD ke Pemkot Depok

Depoknews- Forum Komunikasi dan Kerjasama Umat Kristiani Kota Depok (FKKUKD) melalui Gereja Bethel Indonesia (GBI) menyalurkan 1000 set alat pelindung diri (APD) lengkap kepada Pemerintah Kota Depok.

Pendeta GBI Kota Depok Yudi Gunawan Pangestu menuturkan bantuan APD ini merupakan wujud kepedulian Gereja terhadap masalah Pandemik Covid-19 yang sedang dihadapi bangsa Indonesia, khususnya Kota Depok.

“Bantuan APD ini merupakan bentuk kepedulian dan dukungan kami FKKUKD kepada Pemerintah Kota Depok dalam upayanya menangani kasus Covid-19 di Depok,” tutur Yudi usai menyerahkan bantuan APD simbolis kepada Wali Kota Depok di Balaikota Depok, Kamis (23/04)

Satu set APD ini, terdiri dari 1 piece sarung kepala, 1 kacamata, 1 piece penutup muka, 3 piece masker, 1 piece hazmat, 3 pasang sarung tangan, 1 pasang sepatu boat dan 3 pasang sarung kaki.

Sebanyak 350 set APD lengkap diserahkan langsung secara simbolis kepada Wali Kota Depok. APD ini untuk digunakan oleh Dinas Kesehatan Kota Depok.

“Sedangkan 650 set APD lainnya, kami bantu mendistribusikan ke 9 rumah sakit rujukan Covid-19 Kota Depok dan ke puskesmas,” ucap Yudi.

Masih dilokasi yang sama, Ketua FKKUKD Pendeta Martin Luther Batubara menambahkan, selain bantuan APD, Gereja-Gereja juga aktif melakukan aksi sosial di lingkungan Gereja.

Yaitu berupa pembagian sembako, hand sanitizer, masker hingga penyemprotan disinfektan di Gereja dan dilingkungan warga di sekitar Gereja.

Martin pun menyebutkan, setalah bantuan APD ini, akan ada bantuan-bantuan lainnya sebagai bentuk aksi sosial kemanusiaan Gereja terhadap sesama. Pihaknya sedang menggalang dana di FKKUKD untuk itu.

“Barangnya apa nanti yang akan disalurkan sedang kita diskusikan. Kira-kira apa yang sedang dibutuhkan itu nanti yang akan kita belikan,” tambahnya.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengakui pihaknya tidak dapat berjalan sendiri dalam menangani Covid-19. Sehingga bantuan apapun bentuknya dari masyarakat dan dermawan akan sangat berarti bagi Pemkot Depok dalam penanganan Covid-19.

“Kami mengapresiasi bantuan APD yang diberikan oleh GBI, tentu akan kami gunakan dengan sebaik mungkin untuk melindungi tenaga medis kami yang menangani pasien Covid-19. Kami juga sudah mengeluarkan surat edaran untuk kesertaan masyarakat dalam kepedulian Covid-19,” ujar Idris.

Idris melanjutkan, bagi masyarakat maupun dermawan yang hendak menyalurkan bantuan secara individu. Dapat menyerahkannya langsung ke Posko Siaga Covid-19 di tingkat RW.

“Kalau bantuan dari individu bisa langsung ke Posko Siaga Covid-19 RW setempat. Tapi kalau bantuan yang besar-besar seperti ini, bisa langsung ke Gugus Tugas PP Covid-19 Kota Depok,” tandasnya.(mia)