Cegah DBD, TP-PKK Bojongsari Baru Turunkan Jumantik ke Rumah Warga

DepokNews – Guna mengantisipasi penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah, Kelompok Kerja (Pokja) IV Tim Penggegarak dan Pemberdayaan Kesejahteraan Kelurarga (TP-PKK) Kelurahan Bojongsari Baru menurunkan juru pemantau jentik (jumantik) untuk memeriksa tempat-tempat yang menjadi bersarangnya jentik nyamuk.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jumat (12/05/23), yang menyasar wilayah RT 01 dan 02 di RW 08.

Ketua RW 08 Bojongsari Baru, Abdullah menjelaskan, upaya pemeriksaan jentik nyamuk dilakukan sebagai langkah antisipatif melindungi warga dari penyakit DBD. 

“Beberapa titik yang dipantau itu tempat yang lembab atau wadah penampungan air di rumah warga, seperti bak kamar mandi, toilet, air pembuangan kulkas dan lainnya,” ujar Abdullah, Minggu (14/05/23).

Dikatakannya, pemeriksaan jentik nyamuk ini merupakan agenda rutin yang biasa dilakukan oleh kader PKK Bojongsari Baru, melalui Pokja IV dan Pokja Sehat. Dalam kesempatan ini 50 rumah rumah warga berhasil diperiksa oleh para jumantik.

“Alhamdulillah saat pemeriksaan dilakukan, tidak ditemukan jentik nyamuk DBD di rumah warga,” jelas Abdul.

Lebih lanjut, ujar dia, selama menjabat menjadi Ketua RW 08 belum pernah ditemukan warganya yang terjangkit penyakit DBD.

Ia pun mengimbau kepada warga agar selalu memperhatikan tempat yang lembab dan wadah penampungan air yang ada di rumah masing-masing.

“Warga harus selalu waspada, karena DBD merupakan salah satu penyakit berbahaya,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id