Cegah Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Kecamatan Tapos Gelar Pembinaan PKDRT

Depoknews, Tapos — Kecamatan Tapos Kota Depok menggelar kegiatan pembinaan PKDRT di aula Kecamatan Tapos. Kegiatan berlangsung hari Rabu tanggal 24 Mei 2023.

Kegiatan ini merupakan program Kecamatan Tapos untuk pembinaan pencegahan kekerasan dalam rumah tangga ( PKDRT ).

Menurut keterangan dari panitia acara, kegiatan pembinaan PKDRT yang diikuti oleh perwakilan dari 7 kelurahan ini berjalan lancar dan peserta antusias mengikutinya.

“Pembinaan PKDRT yang diadakan oleh Pemerintah Kecamatan Tapos diikuti oleh peserta yang berasal dari perwakilan tujuh kelurahan se-Kecamatan Tapos. Mereka antusias mengikutinya dan Alhamdulillah berjalan lancar, ” ungkap Asri Peni Lestari, panitia yang juga Ketua Pokja-1 TP PKK Kecamatan Tapos pada Senin (29/5/2023).

Hadir pada acara pembinaan, Camat Tapos diwakili oleh Sekcam Tri Sutanto MSi., sekaligus sebagai Ketua Gugus Tugas PKDRT dan TPPO Kecamatan Tapos, Kasie Kemas Kecamatan Hidayat SAg., Kapolsek diwakili Iptu David Aulia SH MH (Kanit Reskrim Polsek Cimanggis), Danramil Cimanggis diwakili Pelda Deni Indra Lesmana, Ketua MUI Kecamatan Tapos KH. Ajeng Fachrudin, Ketua KUA Kecamatan Tapos H. Syamsudin SAg, Ketua TP PKK Kecamatan Tapos Siti Mariyam, Ketua Fokla Rini Astuti, Ketua FKKS Suyanto, tokoh agama, tokoh masyarakat, kader PKK, serta Karang Taruna.

Prosesi acara diawali pembacaan ayat suci Alquran, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars kota Depok, pembacaan doa oleh ketua MUI, sambutan -sambutan dan penyampaian materi. Pemateri pertama disampaikan oleh Visina Shadriana, MKM dan
pemateri kedua oleh Nina Marliyani, MSi.
Adapun materi pertama tentang penguatan kelembagaan PKDRT dan TPPO, materi kedua tentang ketahanan keluarga sebagai upaya pencegahan KDRT.

Dari pihak Kecamatan Tapos Kasie Kemas Hidayat menerangkan, pembinaan PKDRT tahun ini bertema Ketahanan keluarga sebagai upaya pencegahan kekerasan dalam rumah tangga.

“Tema yang diambil pada pembinaan PKDRT kali ini adalah Ketahanan Keluarga sebagai upaya pencegahan kekerasan dalam rumah tangga, ” ungkap Hidayat.

Ketua KUA Kecamatan Tapos Syamsudin yang hadir pada kegiatan pembinaan PKDRT mendukung kegiatan tersebut dan pihak Kecamatan Tapos bisa bersinergi dengan KUA.

“Bisa bersinergi karena KUA punya program Suscatin. Kursus untuk calon pemgantin diberi arahan untuk bekal hidup setelah nikah,” tutur Ketua KUA Tapos.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Gugus Tugas PKDRT dan TPPO Kecamatan Tri Sutanto yang juga Sekcam Tapos menyampaikan apresiasi terkait dengan program pembinaan PKDRT Pemerintahan Kecamatan Tapos yang pelaksanaannya dijalankan oleh kader TP PKK Kecamatan Tapos.

“Dengan upaya para kader PKK Kecamatan Tapos untuk melaksanakan kegiatan ini sangat kami apresiasi,” ujar Tri.

Tri mengatakan, dengan sosialisasi pencegahan KDRT melalui kegiatan pembinaan bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk bersama-sama mencegah terjadinya KDRT di lingkungan masyarakat.

“Sosialisasi ini sangat dibutuhkan karena mengingatkan kembali kepada kita semua untuk saling menjaga bagaimana kita bisa saling sharing tukar pengetahuan. Kita bisa menyampaikan hal-hal yang positif kepada warga masyarakat,” kata Tri.

Terakhir Tri berharap masyarakat bisa memahami dan mempunyai  empati yang besar kepada warga di sekitarnya.

“Dengan sosialisasi ini akan mencegah terjadinya kdrt.
dan sangat di butuhkan pendampingan.” pungkas Tri.

Kegiatan pembinaan PKDRT ini dimulai pada pukul 08.00 WIB berakhir pada pukul 11.30 WIB. (shl)