DepokNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai melakukan pemberian imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) secara gratis. Sebanyak 3.600 anak di Kota Depok menjadi sasaran pemberian vaksin PCV. 

“Jumlah sasaran ini sesuai dengan usia bayi yang menerima imunisasi PCV pada usia 2 bulan,” tutur Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati, Jumat (16/09/22). 

Lebih lanjut, kata Mary, pemberian imunisasi PCV dilakukan dengan mempertimbangkan tingginya beban penyakit Pneumonia. Dan adanya studi di Lombok sebagai baseline data serta rekomendasi dari WHO dan ITAGI (Indonesia Technical Advisory Group on Immunization). Serta tersedianya vaksin yang aman dan efektif maka telah dilaksanakannya Program Demonstrasi imunisasi PCV sejak tahun 2017 di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dengan hal tersebut, sambung Mary, kemudian pemberian imunisasi diperluas dan tahun 2022 diharapkan seluruh kota atau kabupaten di Indonesia bisa melaksakan introduksi PCV ke dalam program imunisasi nasional.

“Untuk di Kota Depok mulai dilaksanakan pada 12 September 2022 secara gratis melalui Posyandu, Puskesmas, dan layanan kesehatan atau pos vaksin lainnya yang sudah ditunjuk,” pungkasnya.

Sumber: depok.go.id

Previous articleMUI kota Depok Berikan Rekomendasi Pada Program LSM lingkungan
Next articleLewat Posyandu dan Puskesmas, Dinkes Depok Berikan Vaksin PCV Gratis Untuk Anak