DepokNews–Unit Bank Sampah Alamanda RW 13 Kel. Mekarjaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok pada hari Sabtu, 19 Maret 2022 mengadakan sebuah kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Sampah dan Bank Sampah dalam rangka mengedukasi warga untuk memulai kegiatan memilah sampah dimulai dari rumah. Kegiatan tersebut diadakan di RTQ Daarul Muslimin, Jl. Pajaga V No.109 RT 003 RW 013.

Menurut Ketua RW 13 Kel. Mekarjaya, yaitu bapak Kukuh Priyatmojo dalam sambutannya mengatakan, “Kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah ini sangat penting sekali kita sampaikan kepada warga, agar bisa memulai sebuah langkah kebaikan untuk menjaga lingkungan hidup dan untuk solusi menyelesaikan masalah sampah yang sudah sangat memprihatinkan. Karna di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Cipayung sudah melebih kapasitas yang ada, kurang lebih mencapai 1500 ton/hari warga Kota Depok membuang sampah ke TPA Cipayung yang 30% berasal dari Kecamatan Sukmajaya”.

Masih menurut Ketua RW 13 mengatakan, “melalui Unit Bank Sampah Alamanda RW 13 yang baru akan di Launching pada hari Sabtu 26 Maret 2022 nanti, mudah-mudahan bisa mengurangi beban sampah yang dibuang ke TPA Cipayung nantinya dan juga supaya bisa merubah kebiasaan baru warga untuk dapat memilah sampah organik dan non organik dari rumahnya masing-masing”.

Dalam kesempatan sosialisasi tersebut pembicara diisi oleh sosialitator dari Dinas Lingkungan Hidup & Kebersihan (DLHK) Kota Depok yaitu Agus Setiawan, selaku Koordinator Pengangkutan DLHK Kecamatan Sukmajaya, Heriyanto, sebagai Ketua UPS Merdeka dan Halim, selaku Koordonator Pengawas Organik Kec. Sukmajaya serta Saptawati Meina Sophia (bu Ike), sebagai Koordinator Kecamatan Bank Sampah Kec. Sukmajaya.

Kegiatan sosialisasi alhamdulillah juga dihadiri oleh Lurah Mekarjaya Ibu Dra. Nelda Purnadia Wardhani dan juga Ibu Cucu Rukmini sebagai Koordinator Kelurahan Bank Sampah Kelurahan Mekarjaya. Disamping itu, para Ketua RT 01-07, PKK RW 13, PKK RT 01-07, Majelis Taklim R13, Kader Posyandu dan Posbindu serta perwakilan beberapa warga RW 13 juga hadir mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut.

Kemudian dalam sambutannya, Lurah Mekarjaya menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada Pengurus RW 13 dan Unit Bank Sampah Alamanda RW 13 yang telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah pada hari ini. Menurut bu Lurah, “Pemilahan sampah harus menjadi budaya bagi semua warga yang ada di lingkungan RW 13 khususnya dan umumnya di wilayah Mekarjaya dan Kota Depok. Karna saya sendiri alhamdulillah sudah mempraktikan pemilahan sampah di rumah sendiri sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan”.

Dan diakhir acara sosialisasi disampaikan juga kepada para audiens untuk memulai pemilahan sampah dari sekarang juga karna dari DLHK akan memberikan bantuan berupa bak sampah khusus menampung sampah organik dari rumah tangga di wilayah RT-nya masing-masing. Dari penampungan sampag organik tersebut, pihak DLHK akan menjemput sampah organik tersebut sebanyak 3 kali dalam sepekan, yang nantinya sampah organik tersebut akan diolah di Unit Pengolahan Sampah (UPS) Merdeka 2 dan nantinya hasilnya berupa Pupuk Organik yang dapat diambil secara gratis oleh warga yang sudah melaksanakan pemilahan sampah di rumahnya.