Daycare Kota Depok Banyak Tidak Berizin

Depoknews.id, Depok – Tempat penitipan anak atau yang lebih dikenal dengan istilah Daycare adalah pilihan tepat bagi para orangtua yang setiap harinya bekerja ke kantor.

Namun ternyata keberadaan Daycare di kota Depok masih banyak yang belum memiliki izin, Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok Nita Ita Hernita mengatakan masih banyak ditemui daycare atau tempat penitipan anak yang tidak memiliki izin di Depok.

“Daycare tersebut, masih menjalankan aktivitas seperti biasa walaupun tidak ada izin. Ini menjadi perhatian yang penting untuk kami, karena ditakutkan terjadi hal yang tidak diinginkan, karena belum memiliki izin,” ujar Nita, di Balai Kota Depok, Rabu (25/1).

Wanita yang disapa Nita ini juga mengatakan, dari 29 Daycare masih ada sedikitnya tiga Daycare yang belum mengantongi izin. Ketiganya yakni, Dewintha Daycare di Kelurahan Pondok Cina Beji, Jasmine Kiddy Daycare di Perumnas Depok 1, dan Sanaya Daycare Beji. “Kami mengimbau pengelola daycare atau tempat penitipan anak segera mengurus perizinan,” imbuhnya.

Menurutnya, daycare yang sudah mengantongi izin, baru dapat diakui dan setiap pelaksanaannya dapat dipantau langsung oleh Disdik kota Depok. “Untuk mendapatkan izin resmi tidak sulit, pihak daycare hanya datang ke Disdik, selanjutnya ke Dinas Pelayanan Terpadu untuk mendapatkan izin resmi,” terang Nita.

Disdik Kota Depok akan mengadakan pertemuan bersama sebagai upaya untuk mengimbau sejumlah Daycare yang belum mengantongi izin tersebut. “Kegiatan ini dilakukan agar seluruhnya dapat segera mengurus perizinan,” terangnya.

Nita menjelaskan keuntungan para pemilik Daycare yang sudah memiliki izin adalah segala aktivitas pembelajaran dapat dipantau langsung oleh Disdik sehingga tidak ada kekhawatiran bagi warga yang menggunakan jasa daycare. Tidak hanya itu, daycare tersebut juga akan dibekali dengan berbagai pembinaan agar dalam menyampaikan pendidikan kepada balita bisa lebih efektif dan sesuai prosedur. “Kami akan ikut sertakan daycare pada program-program yang ada pada Disdik Depok sebagai bentuk pembinaan,” tutup Nita.