Delapan Calon Sekda Dites Kejiwaan

DepokNews – Delapan calon Sekretaris Daerah Kota Depok mengikuti Tes Kejiwaan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok.

Direktur RSUD Kota Depok, Devi Maryori mengatakan tes kejiwaan disebut MMPI. Tes tersebut para peserta akan mengisi 500 soal.

“Untuk pemeriksaan jasmani merupakan Medical Check Up mulai dari screening, swab tes, tes darah, urine, dan pemeriksaan fisik lainnya,” ucapnya. Selasa(7/6).

Dijelaskan Devi setelah tes kejiwaan para peserta akna menjalani pemeriksaan di radiologi dan EKG.

“Kalau tes MMPI-nya tidak terbaca, maka akan dilakukan tes lanjutan. Untuk tes kesehatan baik fisik maupun rohani memakan waktu seharian,” ungkapnya.

Nantinya hasil dari pemeriksaan fisik dan kejiwaan, langsung diserahkan ke panitia seleksi dan tidak dipublish karena sifatnya rahasia.

“Itu kan sifatnya rahasia pasien, jadi tidak boleh dipublish. Besok langsung diserahkan ke pansel,” katanya.

Devi mengatakan, tes MMPI membutuhkan waktu selama tiga jam, pertanyaannya ringan-ringan saja dan tidak perlu mikir, hanya cukup menjawab ‘Ya’ atau ‘Tidak’.

“RSUD kan sudah beberapa kali melakukan tes bagi JPT, jadi sudah siap mulai dari perlengkapan hingga SDM. Kami menerjunkan lima dokter spesialis seperti spesialis kejiwaan, penyakit dalam, jantung, radiologi, dan patologi klinik,” imbuhnya.

Devi menambahkan, tes kesehatan dan kejiwaan tak kalah pentingnya dengan tes wawancara maupun uji kompetensi bagi para calon sekretaris daerah.

“Karena jabatan sekda ini kan jabatan tinggi, jadi mereka harus benar-benar sehat jasmani dan juga rohani. Dengan begitu nantinya mereka siap menjalankan tugasnya dengan baik,” ungkapnya.