Di Al-Hikam Depok, Dubes Mesir Ajak Menyebarkan Islam Moderat

DepokNews –Dubes Mesir Ahmed Amr Ahmed Muawwad mengunjungi Pesantren Al-Hikam, Kukusan, Beji. Di hadapan para mahasiswa Al-Hikam memberikan semangat agar belajar dengan sungguh-sungguh. Terlebih lagi, dalam mempelajari Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits harus dengan benar.

“Saat ini kami sedang menghadapi kelompok dan pemikiran yang berbeda dengan ajaran Islam, ada yang berlebihan dan moderat. Islam adalah moderat,”jelasnya dalam Diskusi Moderasi Islam. Pesantren Al-Hikam, Beji baru-baru ini

Menurutnya, saat ini Negara Mesir sedang berupaya menangkal pemikiran radikal dan ekstrimis. Salah satunya, dengan mengirimkan para Ulama dalam menyampaikan pesan Islam Moderat. “Radikal itu datang dan buatan manusia, sedangkan moderat dari Allah SWT, “terangnya.

Direktur Kulliyatul Qur’an Al-Hikam Dr. Arif Zamhari menyambut baik kehadiran Dubes Mesir. Menurutnya, terdapat kesamaan dalam nilai Islam moderat di Mesir dan di Indonesia. Sehingga, perlu upaya untuk menyebarkan Islam yang moderat atau wasathiyyah ke penjuru dunia.

“Kita selama ini konsen pada menyebarkan Islam damai yang rahamatan lil alamin. Dengan tersebarnya Islam rahamatan lil alamin, maka anggapan sebagai Islam yang ttertutup radikal dan ekstrimis dengan sendirinya bisa ditepis,”paparnya.

Dia menambahkan, ada dua respon umat Islam terhadap kemajuan di Barat. Yaitu: mereka mencoba kembali pada tradisi klasikal tanpa melihat teks klasikal. Bahkan, lanjutnya, menafsirkan teks secara literal dan rigit apapun yang ada di Barat tidak sesuai ajaran islam. Kadang cara responny ekstrimis dan radikal. Sehingga, imaje dari luar Islam radikal dan tertutup. Selanjutnya, kelompok liberal yang tidak mempermasalahkan perubahan dari Barat. Bahkan, mereka mensejajarkan nilai dan gaya hidupnya dengan Barat seperti: materialistik, hedonistik dll.

“Islam Moderat itu tidak condong ke Timur atau Barat, tapi tengah-tengah. Tidak radikal dan tidak liberal. Ini akan kita sebarkan ke penjuru dunia,”jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Syekh Salman utusan dari Al-Azhar juga menjelaskan tentang Islam moderat dari sisi para mufassir dan lainnya. Seusai acara, Dubes Mesir dan Diplomat mesir mengunjungi makam alm. KH. Hasyim Muzadi.