Dinkes Depok Distribusikan Obat Cacing ke Posyandu Kelurahan

DepokNews- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok memaksimalkan pemberian Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Cacingan tahun 2021. Dalam pelaksanaannya, setiap Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di kelurahan mendistribusikan obat cacing ke posyandu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati mengatakan, pihaknya sudah memberikan surat edaran (SE) kepada seluruh Kepala UPTD Puskesmas untuk menyukseskan pemberian POPM. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan (protkes) di tengah pandemi Covid-19.

“Selain juga disesuaikan dengan situasi penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing,” tuturnya, Rabu (10/02/21). 

Dikatakannya, upaya penanggulangan cacingan dilakukan di wilayah intervensi stunting. Kemudian, yang dilakukan setiap Puskesmas antara lain dengan pemeriksaan cacingan kepada ibu hamil dengan gejala anemia. Serta yang hasil pemeriksaannya positif telur cacing.

Lanjut Umi, POPM ini memiliki sasaran usia 1 hingga 12 tahun. Pelaksanaannya dua kali satu tahun dengan interval enam bulan.

“Setelah itu, setiap Puskesmas akan menyampaikan laporan pemberian obat cacing dan pemeriksaan cacingan pada ibu hamil,” pungkasnya.