Disambut Antusias Pelaku Usaha, Puluhan UMKM di Kota Depok Terima Sertifikat Halal Gratis

DeppokNews – Puluhan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Depok menerima sertifikat halal gratis dari pemerintah.

Secara simbolis sertifikat gratis dari program Kementerian Agama ini diserahkan oleh Dr. Imelda Fajriati Ketua Halal Centre UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penyerahan sertifikat halal tersebut berelangsung di Resto Ayam Bakar Bu Siti, Jalan Siliwangi No.21 Depok, Sabtu (22/7/2023), dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi pendamping Proses Produk Halal (PPH).

UNTUK ANAK YATIM DEPOK FULL GRATIS, DUAFA NON YATIM GRATIS FRAME BAYAR LENSA. INFO LENGKAP WA: 0896-7262-4114

Dr. Imelda Fajriati menjelaskan, manfaat sertifikasi halal meliputi Meningkatkan kepercayaan konsumen, meningkatkan pangsa pasar, meningkatkan daya saing bisnis. Dengan memiliki sertifikat halal, produk UMKM akan lebih diterima di pasaran.

“Dengan memiliki sertifikat halal akan menjadikan masyarakat lebih aman dan nyaman untuk membeli produk sehingga akan bisa meningkatkan penjualan UMKM. Jadi sertifikat halal sangat bermanfaat baik bagi masyarakat atau pembeli dan juga bagi pelaku usahanya,” kata Dr. Imelda Fajriati.

Hal senada dikatakan Yudhi Purwana, salah satu pendamping PPH yang mengatakan dengan memiliki sertifikat halal peluang pasar bisa lebih besar.
“Bagi UMKM bisa mengurus sertifikat halal secara gratis dan kami sebagai pendamping siap membantu, agar pengurusan sertifkat halal tersebut sesuai prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah, pelayanan ini juga gratis, biaya di tanggung oleh pemerintah,” kata Yudhi Purwana.

Para pelaku UMKM yang menerima sertifikat halal merasa bersyukur dan optimis akan bisa mendongkrak penjualannya.
“Saya bersyukur saat ini kami sudah memiliki sertifikat halal, jadi kami makin semangat dalam mengembangkan usaha, kami optimis usaha kami akan semakin maju,” kata Ibu Ida salah satu penerima sertifikat halal.

Ibu Ida membuka usaha dengan nama AUFA D’CHEF dengan produk Pisang Bolen yang diolah menjadi berbagai varian rasa. AUFA D’CHEF beralamat di Jl. Masjid-Al Islah Gg. Mansur Rimban No.23A, RT.005/RW.006, Cisalak, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16416. Phone: 0897-7341-833

Rasa syukur dan bahagia karena sudah mendapatkan sertifikat hal juga dirasakan oleh Bapak Timbul dengan produk aneka roti dengan nama usaha UNAMEAL yang beralamat di Perumahan Depok Indah 2, Jl. Blk. B No.8, RT.1/RW.15, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16421 Phone: 0817-9200-142

“Dengan menerima sertifikat halal ini kami makin percaya diri untuk mengembangkan usaha roti, karena selain rasa yang enak masyarakat tidak peerlu meragukan lagi, bahan dan proses pembuatan roti kami sudah resmi bersertifikat halal,” kata Bapak Timbul dengan bahagia.