Depok News

Disporyata Gelar Festival Ortrad 2024 Depok, Lombakan Lima Cabang Olahraga

DepokNews – Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok menggelar Festival Olahraga Tradisional (Ortrad) Tingkat Sekolah Dasar (SD) Tahun 2024. Berlangsung hari ini, kegiatan tersebut diikuti ratusan pelajar dari 11 Kecamatan yang dihelat di Lapangan Mahakam, Kecamatan Sukmajaya.

“Pada festival Ortrad tahun ini mempertandingkan lima cabang olahraga, yaitu terompah, hadangan, enggrang, sumpit dan dagongan. Diikuti 251 peserta dari sekolah dasar se-Kota Depok,” ujar Kepala Disporyata Kota Depok, Eko Herwiyanto, Kamis (25/07/24).

Dirinya menjelaskan, kegiatan ini sebagai ajang seleksi Ortrad tingkat SD untuk ajang serupa di tingkat Jawa Barat pada September mendatang. Dimana pada tahun lalu Kota Depok berhasil menyabet dua medali perak dan menempati posisi kelima kelasemen.

“Persiapan pertandingan Ortrad tingkat provinsi pada bulan September dan capaian Kota Depok pada tahun lalu peringkat lima dengan dua medali perak,” jelasnya.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan, melalui festival Ortrad ini diharapkan dapat mengurangi ketergantungan anak-anak dalam menggunakan handphone atau gawai. Selain itu juga sebagai wadah pembinaan prestasi dan pelestarian olahraga tradisional.

“Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari Gerakan masyarakat Sadar Berolahraga (GEMAS BRO) yaitu ajakan kepada masyarakat untuk membiasakan olah raga secara rutin minimal tiga kali dalam seminggu,” tutupnya.

Exit mobile version