DKPPP Depok Ajak Pemuda Tekuni Sektor Pertanian

DepokNews — Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, Farah Mulyati mengajak generasi muda untuk terjun menjadi petani. Keterlibatan pemuda yang mengerti teknologi, diharapkan membawa angin segar bagi dunia pertanian yang masih mengandalkan cara-cara manual.

“Memang saat ini lahan di Kota Depok semakin terbatas. Namun, hal itu bisa diantisipasi dengan teknologi pertanian perkotaan yang sedang berkembang. Nah, saat ini yang menjadi tantangan kami adalah mengajak generasi muda agar mau terjun ke sektor pertanian, sebagai salah satu upaya mempertahankan keberlangsungan pertanian di Kota Depok,” ujar Kepala DKPPP Kota Depok, Farah Mulyati, usai membuka Forum Rencana Kerja Perangkat Daerah DKPPP Kota Depok di Aula Wisma Hijau, Cimanggis, Rabu (14/02/12).

Dijelaskannya, pekerjaan sebagai petani tidak melulu harus terjun untuk membajak sawah atau pun berkotor-kotoran seperti dahulu. Melalui teknologi yang semakin canggih, masyarakat bisa menjadikan sektor pertanian sebagai harapan masa depan.

“Kami harapkan pemuda ke depan bisa menjadi petani perkotaan atau urban farming. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti menerapkan tanaman vertikultur, hidroponik, vertikal garden, tanaman buah dalam pot maupun kebun atap rumah. Jika bidang ini ditekuni, bisa sangat menjanjikan ke depannya. Pemuda harus bisa melihat peluang tersebut,” ajaknya, seperti dikutip depok.go.id

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada kelompok tani yang tersisa untuk mengajak masyarakat menggeluti usaha pertanian. Diharapkan melalui ajakan tersebut, dapat melahiran petani-petani muda yang berbakat yang memiliki segudang inovasi.

“Saat ini kita memiliki kelompok tani sebanyak 136 dengan anggota mencapai 1.120. Diharapkan petani tersebut mampu bertahan dan menularkan ilmu pertanian, serta mengajak generasi muda untuk terjun ke sektor pertanian agar regenerasinya terus ada,” pungkas Farah