Dosen FIKTI Gunadarma berikan Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar menggunakan AI Kepada Guru-guru SD Global Islamic LabShool

Penulis : Parno

DepokNews–Dosen-dosen Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi yang tergabung dalam Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (Tim Abdimas) melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi pada hari Sabtu 4 Mei 2024 di Gedung serba guna SD Global Islamic Labschool Kalimulya, Cilodong, Kota Depok. Dalam kesempatan tersebut Tim Abdimas mengadakan pelatihan Pemanfaatan Artifisial Intelegent (AI) untuk Pembuatan Bahan Ajar bagi para guru di SD Global Islamic School.

Kegiatan pelatihan yang dihadiri lebih dari 50 guru tersebut berjalan lancar sejak pagi hari jam 8.00, acara terlebih dahulu dibuka oleh Ibu Ai Herlianti, S.Pi., S.Pd.selaku kepala SD Global Islamic School yang dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kontribusi Dosen-dosen FIKTI Gunadarma atas kontribusinya bagi SD Global Islamic School, dilanjutkan sambutan oleh Ketua Tim Abdimas FIKTI Gunadarma Bapak Dr. Romdhoni Susilo Atmadja juga menyampaikan ucapan terimakasih atas kesempatan yang diberika oleh Pihak SD Global Islamic School untuk melaksanakan Kegiatan Abdimas. Pada Kesempatan Tersebut juga dihadiri oleh Bapak Dr. Aris Budi Setiawan, S.E., M.M. sebagai Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) yang memberikan sambutan tentang Tugas dan Fungsi Dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian Materi yang dipandu oleh moderator Ibu Ike Putri Kusumawijaya, S.T. M.M.S.I. dengan mempersilahkan Pemateri pertama yang disampaikan oleh Dr. Reza Chandra mengenai Pemanfaatan Google Gemini sebagai alat bantu kegiatan belajar mengajar bagi Guru, Dimana dengan memanfaatkan Google Gemini para guru bisa lebih mengembangkan lagi proses kegiatan belajar mengajar menjadi lebih interaktif, tersedianya sumber belajar interaktif seperti video tutorial, modul e-learning dan alat kolaborasi untuk meningkatkan kompetensi mengajar dan juga adanya kolaborasi dengan sesama guru melalui forum diskusi yang bisa meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kegiatan dilanjutkan oleh pemateri kedua yang disampaikan oleh Ibu Syalis Ibnih Melati Istini, S.T., M.M.S.I mengenai Pengaplikasian Education Co-Pilot untuk Pembelajaran, Dimana dengan memafaatkan aplikasi tersebut bisa untuk pengembangan pembuatan soal ataupun quis, rencana pembelajaran, membuat catatan pembelajaran yang rinci dan terstruktur, pengecekan plagiriasasi dan masih banyak lagi.

Setelah sesi pemberian materi juga diadakan quis kepada para guru yang menjadi peserta pelatihan tersebut dengan memberikan pertanyaan seputar materi pelatihan yang diberikan, tujuannya untuk mengetahui seberapa besar pemahaman para peserta terhadap materi yang diberikan. Para peserta dengan antusias menjawab pertanyaan yang diberikan pemateri karena diberikan doorprize menarik oleh tim abdimas bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan
dari pemateri dengan benar.

Acara ditutup dengan foto Bersama antara tim abdimas dosen FIKTI Gunadarma yang berjumlah 25 dosen dengan peserta pelatihan yang merupakan para Guru SD Global Islamic Labschool.