Dukung Edukasi Masyarakat Perangi Stunting, Kontribusi Nyata Wenny Haryanto Dalam Penanganan Stanting di Depok

DepokNews- Kota Depok meraih prestasi gemilang dalam penanganan stunting yang patut diacungi jempol. Dalam upaya memerangi masalah stunting, Pemerintah Kota Depok bersama seluruh stakeholder telah menunjukkan gerak tepat dan cepat, yang akhirnya berbuah manis. Kota Depok kini berada pada peringkat ke-5 dengan tingkat stunting terendah di Indonesia.

Keberhasilan dalam percepatan penurunan stunting ini juga menjadi bukti nyata dari komitmen Anggota Komisi IX DPR RI, Wenny Haryanto. Melalui program kemitraan bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Wenny Haryanto telah berperan besar dalam mendukung edukasi masyarakat Kota Depok dalam memerangi stunting.

“Kasus ini sangat menjadi fokus saya. Kenapa? Karena ini menjadi masa depan Bangsa. Anak-anak yang hari ini kita siapkan kesehatannya untuk masa depan,” tegas Wenny, Jumat 20 Oktober 2023.

Tingkat stunting di Kota Depok saat ini berada pada angka 12,6 persen, dan persentase tersebut selalu mengalami penurunan yang positif. Hal ini menunjukkan bahwa edukasi yang diberikan oleh pemerintah bersama Wenny Haryanto telah berjalan efektif.

Keberhasilan ini tidak hanya terjadi di Kota Depok, tetapi juga di Kota Bekasi, yang merupakan salah satu daerah sasaran utama Wenny Haryanto. Kota Bekasi berada di urutan kedua setelah Kota Depok dalam penanganan stunting. Diketahui bahwa Kota Depok dan Kota Bekasi adalah dua daerah pemilihan Wenny Haryanto dalam Pemilihan Legislatif DPR RI.

Wenny Haryanto menjelaskan pentingnya upaya percepatan penurunan stunting sejak anak masih dalam kandungan dengan memastikan pemenuhan gizi ibu hamil. Gizi yang cukup bagi ibu hamil akan memastikan pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal.

Selanjutnya, imunisasi dasar yang lengkap dan vaksinasi bayi di posyandu juga menjadi langkah penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi, sehingga pertumbuhan dan perkembangan mereka berjalan dengan baik.

Selama 6 bulan pertama, bayi harus diberikan ASI eksklusif, yaitu hanya dengan ASI tanpa makanan tambahan lainnya. Pola hidup bersih dan sehat juga menjadi kunci, termasuk menjaga kebersihan anak dengan cara memakaikan pakaian, terutama celana, agar bakteri tidak masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit.

Wenny Haryanto juga mendorong orang tua untuk rutin membawa anak ke posyandu setiap bulan, melakukan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, dan lingkar kepala untuk memastikan tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya.

Prestasi Kota Depok dalam penanganan stunting merupakan hasil kerja keras bersama pemerintah, masyarakat, dan dukungan perwakilan legislatif seperti Wenny Haryanto. Hal ini menjadi contoh nyata bahwa dengan komitmen dan kerja sama, permasalahan stunting dapat diatasi, memberikan harapan lebih baik untuk generasi masa depan Indonesia.