Efek Corona, TPU di Depok Sepi Peziarah Jelang Ramadhan

foto (istimewa)

DepokNews- Memasuki bulan ramadan, terlihat Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kalimulya 1 dan 2 sepi peziarah. Hal ini dikarenakan pendemik virus corona atau covid-19, yang terjadi di Indonesia.

Penjual bunga dan air mawar di sekitaran TPU, Anggi mengatakan, tahun-tahun sebelumnya jangan ditanya ramainya. Saking ramainya, penjualan bunga dan air mawar selalu naik drastis. Tapi kali ini, hanya bisa hitungan jari penziarah yang datang.

“Karena tidak boleh ada keramaian dan lagi PSBB juga mungkin, jadi sepi. Mereka lebih memilih berdoa dirumah saja,” kata Anggi, Jumat (24/4/2020).

Anggi melanjutkan, masih ada memang yang datang. Dan penziarah biasanya menunggu diliar area pemakaman, jika dirasa terlalu banyak orang.

“Kadang kaya ganti-gantian. Tapi sepekan sebelum bulan puasa, ada saja yang datang tapi tidak ramai,” tukasnya.

Sementara itu, Leni Marisa salah satu penziarah mengataman, tidak afdol jika mau bulan ramadan tidak berziarah. Meski begitu, dirinya juga ekstra hati-hati. Jika ramai, dirinya lebih memilih untuk menunggu.

“Ramainya juga bukan yang penuh sesak ya, ya paling 10-20 orang ada diarea pemakaman, saya tunggu aja diarea luar. Lebih waspada saja, dan tidak lama-lama,” tandasnya.(mia)