Farida: Lancarnya PSBB di Depok Bergantung Pada Warga

DepokNews- Anggota Komisi D DPRD Depok dari Fraksi PKS, Farisa Racmayanti bicara soal penerapan PSBB di Depok. Menurutnya, kesuksesan penanganan pandemik ini sangat bergantung pada setiap individu, setiap warga untuk berdisiplin agar tetap di rumah dan menjaga jarak.

“Ini tetap harus terus di disampaikan, digerakkan dan dilakukan pendampingan. Garda terdepan ada di individu ada di masyarakat, bukan pada tenaga kesehatan. Karenanya efektivitas pencegahan urgent untuk memutus penularan virus corona,” jelas Farida.

Namun memang dilematis jika dikaitkan dengan masalah kebutuhan ekonomi. Peringatan tetap harus dilakukan agar mereka paham dan ikut mensukseskan kedisiplinan dalam pencegahan covid Tapi harus dicari solusinya serta memberikan arahan

Diantaranya bisa melalui pendekatan aktivitas di Kampung Siaga Covid 19 Kampung yang skala RW ini mungkin bisa mencari solusi teknis mengoptimalkan pemberdayaan ekonomi antar warga.

“Ini kan Era teknologi informasi. Jika tidak bisa secara pribadi mungkin bisa dikolektifkan di satu tempat utk dipasarkan. Sehingga tidak harus menjaja di luar yang memancing kerumunan. Jadi membuat pasar ta’jil on line skala RW misalnya. Ini memang butuh pengarah. Insha Allah masyarakat Depok cerdas,” terangnya.

Selain peran pemerintah, dari Pusat, Provinsi dan Kota, warga juga harus menguatkan kebersamaan dalam menyelesaikan dampak wabah covid 19, termasuk dampak ekonomi.

“Dan ini harus dimulai pada skala lingkungan terkecil. Di mulai dari lingkungan RT, RW dan seterusnya,” tutup Farida.(mia)