Festival UMKM, Melejitkan Usaha Mikro Kota Depok

DepokNews — Walikota Depok, Mohammad Idris resmi membuka Festival UMKM Depok, di Balaikota Depok, Kamis pagi (20/04/2017). Festival yang digelar selama tiga hari ini, yakni Kamis-Sabtu, 20-22 April 2017 diisi dengan beragam acara, diantaranya pemeran usaha mikro, workshop batik dan produk daur ulang, photo hunting completion, permainan tempo doloe (dolanan), lomba senam dan senam bersama, kompetisi cemilan Depok, tampilan tari tradisional, acoustic band juga games dan doorprize.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Depok, M. Fitriawan dalam laporannya mengatakan maksud dari terselenggaranya acara ini ialah untuk mengenalkan produk para pelaku usaha mikro kepada publik, dimana pengenalan produk penting dalam rangka mengembangkan usaha mikro di Kota Depok. “Kegiatan ini juga merupakan bentuk keseriusan untuk mewujudkan Sahabat UMKM yang meruupakan salah satu program Pemerintah Kota Depok,” kata Fitriawan. Selain itu, lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa dengan pemasaran langsung kepada masyarakat, usaha mikro akan dikenal lebih luas dan semakin mendekatkan produk pada masyarakat sehingga meningkatkan konsumsi pada produk lokal. “Festival UMKM ini menghadirkan usaha mikro, fashion, craft, keseluruhan ada 40 stand namun diisi sekitar 67 pelaku usaha termasuk yang mewakili dari beberapa kecamatan, mereka adalah yang belum pernah ikut dalam pameran,” terang Fitriawan.

Pemerintah Kota Depok menaruh perhatian yang sangat besar terhadap perkembangan dan pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Peran penting yang diberikan UMKM dalam membangun Kota Depok, turut mendorong Pemerintah Kota Depok untuk memasukkan UMKM sebagai program Depok Bersahabat, yakni Depok Sahabat UMKM. “Melalui program Depok Sahabat UMKM, Pemkot Depok berusaha menciptakan kondisi UMKM yang mandiri, sehat dan kuat guna mendukung perekenomian di Kota Depok,” kata Walikota. Festival UMKM ini sebagai event promosi bergengsi sehingga mampu menjadi sarana pemasaran yang efektif bagi produk-produk yang dihasilkan oleh Usaha Mikro Kota Depok dan diharapkan dapat melejitkan usaha mikro di Kota Depok.

Berbagai upaya pun sudah dilakukan Pemerintah Kota Depok melalui Depok Sahabat UMKM ini, diantaranya dengan membuat Gerakan Bangga Pakai Produk Depok, penguatan bisnis UMKM dan koperasi, serta mendorong pemasaran produk-produk UMKM secara online atau UMKM Goes to Digital. Selain memberikan pelatihan dan wadah bagi UMKM untuk menggelar produk-produknya, Pemkot Depok juga memberikan penguatan kepada para pelaku usaha mikro dengan mengajak mereka untuk bergabung dengan koperasi yang ada di Kota Depok agar memiliki badan hukum. Bentuk kepedulian Pemerintah Kota Depok ini dilakukan dengan cara memfasilitasi atau memberi arahan untuk pembuatan legal aspek kepada para pelaku UMKM yang belum memilikinya.

“Status legal seperti logo halal dari MUI, sertifikat Pangan Industri RumahTangga (PIRT), dan terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), merupakan hal yang sangat penting bagi sektor UMKM. Adanya keterangan-keterangan tersebut, tentunya akan membuat masyarakat tertarik serta membuat konsumen merasa aman menggunakan produk UMKM. Untuk itu, Pemkot Depok memberikan berbagai sosialisasi dan fasilitasi secara langsung kepada para pelaku UMKM untuk mendapatkan berbagai sertifikat tersebut,” ujar orang nomor satu di Depok. Dirinya berharap dengan hadirnya berbagai produk yang dipamerkan dalam event ini, seluruh masyarakat, khususnya warga Kota Depok dapat mengetahui, memahami serta mengakui bahwa produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM Kota Depok juga memiliki kualitas yang baik sehingga mampu bersaing dengan produk yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan kelas besar, termasuk dengan produk-produk impor. Dengan demikian, semangat nasionalisme dan kecintaan terhadap produk dalam negeri dapat terus ditumbuhkan bersama.