FTUI Kembali Raih Predikat Kampus Teknik Terbaik di Indonesia Menurut THE World University Rankings 2024

DepokNews- Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali meraih prestasi membanggakan sebagai Kampus Teknik Terbaik di Indonesia. Hasil ini didasarkan pada pemeringkatan yang dilakukan oleh lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Times Higher Education (THE), yang baru saja merilis pemeringkatan THE World University Rankings (THE WUR) 2024.

Dalam pemeringkatan ini, FTUI berhasil mempertahankan posisi pertama di Indonesia sebagai perguruan tinggi terbaik di bidang Teknik. FTUI mencatatkan peningkatan nilai keseluruhan, dengan rentang nilai 28.5-34.5, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai rentang nilai 26.3-31.9. Meskipun nilai keseluruhan meningkat, FTUI tetap mempertahankan peringkatnya di kisaran 601-800 dunia.

Pemeringkatan THE World University Rankings 2024 untuk bidang Teknik mencakup disiplin ilmu teknik umum, teknik sipil, teknik mesin dan dirgantara, teknik elektro dan elektronika, serta teknik kimia. Lebih dari 1374 universitas di seluruh dunia dinilai dalam asesmen ini, yang merupakan peningkatan signifikan dari jumlah universitas yang dinilai tahun sebelumnya.

Dalam pemeringkatan ini, FTUI unggul dalam tiga dari lima indikator penilaian, yaitu International Outlook dengan nilai 56.3, Research Environment dengan nilai 17.3, dan Teaching dengan nilai 28.3. Ini menandakan keunggulan FTUI dalam hal perspektif internasional, lingkungan penelitian, dan pembelajaran.

Penilaian subjek Teknik menggunakan 18 indikator kinerja yang digunakan dalam lima kategori, yaitu research quality, industry, international outlook, research environment, dan teaching. Seluruh metodologi pemeringkatan dikalibrasi ulang dengan cermat untuk masing-masing bidang, dengan bobot yang disesuaikan agar mencerminkan karakteristik khusus dari bidang Teknik.

Dalam mengomentari prestasi ini, Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU, menyatakan kebanggaannya dan mengakui bahwa prestasi ini adalah hasil kerja keras seluruh sivitas akademika FTUI, terutama para dosen. FTUI telah menjalankan tiga strategi utama, yaitu modernisasi dan internasionalisasi pendidikan keteknikan, riset dan inovasi yang berdampak luas, serta penanaman semangat kewirausahaan dalam tridarma perguruan tinggi. Heri Hermansyah juga menekankan bahwa FTUI sedang berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan keteknikan agar sejajar dengan universitas terkemuka di dunia.

Dengan dua tahun berturut-turut meraih predikat sebagai fakultas teknik terbaik di Indonesia, lulusan FTUI memiliki peluang lebih besar untuk bersaing di kancah kerja internasional. Hal ini diharapkan akan membawa kemajuan bagi Indonesia dalam penguasaan teknologi global.

FTUI saat ini memiliki 8.395 mahasiswa di jenjang S1 hingga S3, didukung oleh 262 dosen, di mana lebih dari 84% dosen memiliki gelar Doktor dari berbagai perguruan tinggi di luar negeri. Fakultas ini juga memiliki jumlah Guru Besar terbanyak dibandingkan dengan fakultas lain di UI, yaitu 89 orang. FTUI menyelenggarakan beragam program studi jenjang sarjana, profesi, magister, dan doktor yang telah mendapat akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi serta pengakuan dari lembaga internasional seperti IABEE dan JABEE.