Fun Science bagi Penyintas Penyakit Berat Tidak Menular di Rumah Harapan Indonesia oleh Biman Foundation

DepokNews–enjelang separuh akhir bulan Ramadan 1445 H, Yayasan Biman bersama dengan Komunitas Frasa kembali mengadakan kolaborasi dengan salah satu gerakan kemanusiaan yaitu Rumah Harapan Indonesia (“RHI”) pada Minggu (24/03/2024) lalu. Bertajuk “Fun Science”, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi sains bagi pasien anak-anak dan remaja yang tinggal di rumah singgah. Sebanyak sekitar 30 pasien dan pendamping bermain dan belajar bersama relawan Biman Foundation dalam eksperimen Minuman Ajaib, Pelangi Ajaib dan Pasta Gigi Gajah.

Selain menampilkan eksperimen sains yang menarik dan edukatif, relawan dari Yayasan Biman turut memberikan donasi berupa 68 porsi makanan berbuka untuk anak-anak dan pendamping ibu dan ayah. Turut memeriahkan suasana, 21 anak pun diberikan beragam hadiah dari Komunitas Frasa yang dinamai Kado untuk Adik. Meskipun masih dalam masa perawatan dan pengobatan,anak-anak dengan rata-rata usia dibawah 10 tahun ini semangat dalam mengikuti rangkaian acara dan begitu antusias.

Salah satunya adalah Ozhie yang berasal dari Pekanbaru. “Aku ingin jadi tentara, kak”, ujar Ozhie yang duduk di bangku kelas 2 SD ini saat ditanya mengenai cita-citanya. Ozhie adalah salah satu penyintas penyakit jantung yang dirawat di RS Harapan Kita dan sedang menunggu jadwal pemeriksaan laboratorium nya pada tanggal 1 April 2024. Mengikuti eksperimen “Fun Science” memberikan penyegaran dan tambahan semangat bagi pasien RHI di tengah rehatnya dari aktivitas pengobatan.

Rangkaian kegiatan ini merupakan bagian dari program “Teman Ramadan 1445 H” (Tebar Manfaat Ramadan) yang diadakan secara rutin setiap tahun oleh Yayasan Biman. Diawali dengan kolaborasi bersama RHI, kegiatan “Fun Science” ini akan kembali dilaksanakan dengan beberapa mitra lainnya di sekitar Jabodetabek. Menanggapi acara yang telah diselenggarakan, Greaty Carismawati yang akrab disapa ‘Kak Gege’, menyampaikan “kami senang menerima kehadiran kakak-kakak relawan Biman untuk membantu menyemangati adik-adik pasien kami yang sedang berjuang melewati masa penyembuhannya, semoga dapat bermanfaat dan dilanjutkan programnya”.