Gandeng Ritel Modern, DKUM Kota Depok Gelar Pelatihan Kewirausahaan dan Kurasi Produk UMKM

DepokNews–Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, hari ini melaksanakan pelatihan kewirausahaan dan kurasi produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Aula Lantai 10 Gedung Dibaleka II. 

Pelatihan ini diikuti 150 peserta yang merupakan wirausaha baru tahun 2022 dan sebelumnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro DKUM Depok, Nani Zara mengatakan, pelatihan ini diadakan DKUM bekerja sama dengan PT. Indomarco Prismatama. Yakni perusahaan yang memiliki banyak toko ritel modern di hampir seluruh Indonesia.

“Program yang ditawarkan kami sambut baik karena sebagai akses kemitraan untuk pelaku UMKM Depok. Yang sangat berhubungan dengan program unggulan janji Wali Kota Depok dan Wakil Wali Kota Depok, yaitu program 5.000 Wirausahabaru dan 1.000 perempuan pengusaha,” katanya di sela-sela kegiatan, Selasa (08/11/22).

Dia menjelaskan, peserta diberikan pelatihan terkait cara-cara produk yang bisa dipasarkan di Indomaret dan penjelasan teknis menjadi pemasok di toko ritel modern. Kemudian diajarkan tata cara dan penentuan harga pokok suatu produk olahan UMKM dan kue basah.

“Terakhir, produk-produk teman-teman UMKM akan dikurasi oleh Indomaret apakah sudah masuk kualifikasi untuk dijual disana,” katanya.

Di tempat yang sama, Branch Manager PT. Indomarco Prismatama Cabang Bogor 2, Paulus Cahyo Adi Nugroho menambahkan, pihaknya memfasilitasi para pelaku UMKM agar dapat mengembangkan usahanya bersama Indomaret. Dengan harapan dapat membangkitkan usaha dan bersaing di kancah regional, nasional bahkan internasional.

“Untuk kegiatan hari ini, kami menyediakan dua unit gerobak yang nantinya akan diundi untuk dua pemenang. Lalu, 150 pelaku UMKM mendapatkan alat bantu produksi untuk membuat produk. Ada juga hadiah undian perlengkapan elektronik lainnya,” tutupnya. 

Published
Categorized as Ragam