DepokNews–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengadakan pertemuan dengan tenaga kefarmasian atau apoteker pada 38 Puskesmas di Kota Depok. Pertemuan tersebut dilakukan untuk mendukung Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) dan Penggunaan Obat Rasional (POR).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kota Depok, Zakiah mengatakan, Gema Cermat merupakan program yang telah dicanangkan oleh Menteri Kesehatan pada tahun 2015. Program tersebut bertujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara benar.

“Melalui Gema Cermat, pemerintah bersama masyarakat berupaya mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan obat secara tepat dan benar,” tuturnya kepada berita.depok.go.id usai membuka pertemuan dengan apoteker di aula lantai 10, Gedung Dibaleka II, Selasa (11/10/22).

Menurut Zakiah, dengan pertemuan yang dilakukan nantinya dapat menjadi acuan untuk mengetahui pencapaian program, menjelaskan kebutuhan sehingga dapat diprioritaskan untuk tindakan peningkatan atau promotif, pencegahan atau preventif, serta penanggulangan.

Kemudian, tambah Zakiah, juga dapat mengidentifikasi indikator kesehatan dan sumber data yang dapat digunakan untuk memantau perubahan dan kemajuan dalam isu-isu prioritas kesehatan. Serta dapat memudahkan penyusunan data dasar untuk perencanaan kegiatan peningkatan kesehatan masyarakat.

“Diharapkan tenaga kefarmasian dapat menjadi agen perubahan dalam penerapan penggunaan obat secara rasional sehingga tercipta pelayanan kefarmasian yang sesuai standar pelayanan kefarmasian,” pungkasnya. 

sumber: https://berita.depok.go.id/gelar-pertemuan-dengan-apoteker-dinkes-depok-bahas-penggunaan-obat-rasional

Previous articleUsai Wakili Kota Depok dalam Penilaian Zona Integritas, Disdukcapil Kembali Ikuti Penilaian dari Ombudsman
Next articleDapat Bantuan Alat Usaha, Ketua Kelompok PEKKA Cinangka: Terima Kasih Pemkot Depok