Gelar Rapat Kerja Di Ciater, Lembang PWI Depok Perkuat Profesionalitas Jurnalis

DepokNews- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok menggelar Rapat Kerja (Raker) dan Wisata di Ciater Highland Resort Lembang, Jawa Barat (Jabar) selama 2 hari, Jumat-Sabtu 8-9 Desember 2023.

Selain membahas evaluasi kinerja kepengurusan tahun sebelumnya, pada kegiatan itu juga digelar proyeksi program tahun 2024 mendatang.

Raker mengangkat tema We Are Professional Journalists sebagai tekad memperkuat profesional wartawan di PWI Kota Depok.

Raker pun menghasilkan beberapa catatan, salah satunya meningkatkan kinerja profesional wartawan dengan taat pada Kode Etik Pers serta penandatanganan fakta integritas PWI.

Raker dipimpin langsung Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah serta dihadiri seluruh pengurus dan 30 anggota PWI Kota Depok.

“Salah satu poin penting yang menjadi konsen PWI Kota Depok yakni Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan Uji Keorganisasian dan kewartawanan (OKK) yang wajib diikuti bagi wartawan yang bergabung di PWI Kota Depok.

“Ada 3 program yang menjadi konsen, diantaranya penguatan lembaga, pendidikan UKW dan OKK, membangun kemitraan serta peningkatan kesejahteraan anggota. Ketiga hal itu menjadi dasar program yang tentunya bila dilakukan dengan maksimal akan berimbas pada penguatan PWI Kota Depok secara lembaga,” ujar Koordinator Seksi Organisasi PWI Kota Depok, Windarto.

Lanjut Windarto mengungkapkan, saat ini jumlah anggota PWI Kota Depok ada 64 wartawan dari berbagai media lokal dan nasional.

“Dari 62 wartawan yang sudah kompeten lulus UKW berjumlah 33 wartawan, dengan komposisi 12 wartawan memilik UKW Utama, 10 wartawan memiliki UKW Madya dan 11 wartawan UKW Muda. Sudah mencapai 95 persen, tertinggi di Jawa Barat,” ungkapnya.

Koordinator Seksi Advokasi dan Hukum PWI Kota Depok, Joko Warihnyo menambahkan, dibutuhkan kekompakan dan soliditas segenap anggota PWI Kota Depok.

“Bahkan PWI Kota Depok bertekad agar untuk terus mengedepankan Independensi dan profesionalisme wartawan serta menjaga Marwah pers agar tidak terbawa arus mengikuti gaya media sosial (medsos). Mari kita sama-sama tunjukkan bahwa PWI Kota Depok memang patut diperhitungkan di Jawa Barat hingga skala nasional,” harapnya.
Ketua Panitia Raker dan Wisata Lembang 2023, Bambang Banguntopo mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung yakni Pemkot Depok, Polrestro Depok, DPRD Depok, KONI Depok, Baznas Depok, Anggota DPR RI Wenny Haryanto.
Lalu juga terima kasih kepada sponsor yakni Bank BJB, PT Tirta Asasta Depok, PT PLN (Persero), Hotel Bumi Wiyata Depok, Fave Hotel Depok, Citadine Hotel Berawa Bali, RSU Bunda Margonda Depok, Margocity Mal, Pesona Square Depok, Wings, Lekker, Mitoki dan Cannonujarnya.