Geluti Dari Kecil, Kang Hasan Fasih Peragakan Silat

DepokNews- Kunjungi perguruan pencak silat MS (Misar Siban) di Jalan Enam Pengasinan. Calon Gubernur dari PDI Perjuangan, TB Hasanuddin tak kesulitan memperagakan beberapa jurus pencak silat.
Sebagai putra Jabar, Mayjen (Purn) TNI TB Hasanuddin juga telah menggeluti Pencak Silat sejak kecil. Apalagi sang ayah adalah guru sekaligus pendiri padepokan silat di desa Talaga, Majalengka.

“Pencak Silat sudah mendarah daging dalam diri saya,” ungkapnya dihadapan para sesepuh dan pendekar Peruguruan MS Jalan Enam, Kamis (25/1/2018).

Oleh sebab itu, pengembangan seni bela diri Pencak Silat tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari kebijakannya apabila dirinya diberikan amanah oleh rakyat untuk menjadi pemimpin Jabar kelak.

“Pencak Silat yang merupakan seni bela diri asli bangsa kita begitu dikagumi di luar negeri. Alangkah bodohnya kita apabila tidak merawat warisan leluhur yang berharga ini,” tutur Kang Hasan, sapaan akrabnya.

Pernyataan Kang Hasan ini sejatinya mencerminkan kiprahnya selama ini dalam pengembangan seni bela diri Pencak Silat. Ya, putra Sunda kelahiran Majalengka itu tercatat sebagai Ketua Dewan Penasehat Persatuan Pencak Silat Gagak Lumayung.

Fakta ini membuktikan kecintaan Kang Hasan pada Pencak Silat, yang merupakan budaya asli nusantara. Kecintaan pada Pencak Silat ini juga menunjukkan betapa Kang Hasan telah secara nyata mengamalkan Trisakti ajaran Bung Karno yang mengamanatkan berkepribadian dalam budaya.

“Salah satu kebudayaan yang harus dilestarikan,” tandasnya.(mia)