DepokNews–Sabtu 19 – 20 November Karang Taruna kelurahan Grogol Depok mengadakan pelatihan  bertema kewirausahaan dan ketenagakerjaan. Acara ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kota Depok dalam meningkatkan peran serta para pemuda dalam pembangunan. Perwakilan pemerintah diwakili pak lurah Boni Sobari dan Sekretaris Kelurahan bapak Supriyadi. Rohman ketua Karang Taruna Grogol mengucapkan terimakasih kepada pemkot yang terus mendorong para pemuda untuk terus bergerak dalam hal positif.


Karang taruna merupakan organisasi kemasyarakatan yang bergerak dibidang kepemudaan yang mempunyai visi dan misi serta mempunyai peranan penting untuk meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat desa. Karang Taruna merupakan organisasi penting bukan hanya dipandang sebelah mata, karena kebanyakan orang-orang menginterpretasikan sebagai organisasi yang tidak dapat berkembang dan tidak punya kegiatan serta tidak mempunyai peranan, ungkap Jayadi dan Muri Ansori ketua Karang Taruna Kota Depok dan Ketua Karang Taruna  Kecamatan Limo.

Ketua Umum Jawara Depok, Ubaidilah selaku narasumber kewirausahaan mengatakan  sejak tahun 2010 sampai dengan saat ini, Indonesia masih tergolong ke dalam negara dengan angka pengangguran tertinggi di Asia Tenggara, tingkat pengangguran di Indonesia mencapai 15 persen. Thailad merupakan negara dengan tingkat pengangguran paling  rendah di Asia Tenggara yaitu hanya 3 persen, berbanding jauh dengan Indonesia. Ia menilai, kondisi tersebut sangat ironis, bila dibandingkan dengan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki Indonesia, yang kaya dan melimpah ruah.

“Langkah ke depan adalah mendorong para pemuda untuk berperan aktif dalam melahirkan wirausaha-wirausaha baru, dan Insya Allah kita akan bangun Gerakan Muda Usaha, sebuah gerakan yang mendorong para pemuda untuk berwirausaha dan membuka lapangan kerja,”


Lebih-lebih lagi, sejak tahun 2020-2045, Indonesia berada pada posisi bonus demografi secara besar-besaran. Dan memontum ini harus ditangkap oleh karang taruna, sehinga karang taruna menjadi garda terdepan dalam melahirkan wirausahawan baru.
 
Sebagai mantan Ketua Karang Taruna juga, Ubaidilah merasa bahagia karena seperti pulang kerumah, dan meminta para peserta menyiapkan mindset positif, optimis dan tidak ragu-ragu dalam bergerak, tahun depan adalah tahun ke-emasan pemuda, banyak potensi-pontensi usaha yang bisa diolah para pemuda menjelang tahun politik seperti sablon, merchandise dll.


Para peserta sangat antusias mengikut pelatihan, karena selama ini mereka berminat berwirausaha, namun bingung bagaimana memulai dan mengembangkan usaha. Dengan adanya kolaborasi antara Jaringan Wirausaha Depok dengan Karang Taruna diharapkan mampu mengakselerasi wirausaha baru dari kalangan pemuda. Dan mampu memberi solusi bagi para pemuda akan sulitnya mencari kerja.

Previous articleBaznas Kota Depok Adakan Sosialisasi Zakat di Rutan Kelas I Kota Depok
Next articleProses Pemilihan Calon Ketua LPM , Mantan Sekretaris Kelurahan Sukatani Melih Resmi Sudah Mendaftar