Hikmah Puasa Ramadhan yang harus Diketahui oleh Umat Islam

Oleh Alumni Ilmu Qur’an PTIQ Jakarta,
Taufan Sya’ban,SQ,S.Pd.I,M.Pd

DepokNews – Puasa adalah salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan pada bulan Ramadan. Bulan penuh berkah ini memang selalu dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang mempersiapkan diri menjelang bulan Ramadan agar ibadah yang dilaksanakan dapat lebih maksimal. Apalagi ada banyak sekali hikmah puasa Ramadan yang dapat dirasakan.

Di antara hikmah penting puasa adalah mendidik manusia untuk berkehidupan bersama dalam kedamaian. Dengan melaksanakan ibadah puasa Ramadan, maka diharapkan setiap manusia bisa lebih bertaqwa dan beriman kepada Allah SWT.

Meski setiap tahunnya umat Islam melaksanakan puasa, namun nyatanya masih banyak yang belum tahu hikmah dan kebaikan dari puasa Ramadan. Berikut adalah 4 hikmah puasa Ramadan yang wajib diketahui umat Islam.

  1. Meningkatkan Taqwa Kepada Allah SWT
    Dalam QS Al Baqarah ayat 183, Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”Dari ayat tersebut, sudah jelas bahwa salah satu hikmah yang diperoleh dari puasa adalah meningkatkan ketaqwa.
  2. Menjadi Lebih Qanaah
    Qanaah artinya menerima takdir yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Dengan melaksanakan ibadah puasa, maka kita akan senantiasa selalu bersyukur terhadap segala sesuatu yang Allah SWT berikan. Mensyukuri semua ketentuan yang Allah tetapkan kepada hamba yang beriman kepada allah dengan semaksimal mungkin.
  3. Mengontrol Hawa Nafsu
    Salah satu hikmah yang paling dirasakan saat melaksanakan puasa adalah dapat lebih mengontrol hawa nafsu. Hal ini karena kita lebih banyak melakukan kegiatan positif yang mendatangkan kebaikan dan pahala dibanding mengejar kepentingan duniawi. Puasa juga dapat mencegah seseorang melakukan perbuatan maksiat yang dibenci oleh Allah SWT.
  4. Meningkatkan Kesehatan
    Puasa dapat membantu kita dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan jiwa dan raga. Secara jasmani, sistem pencernaan akan bekerja maksimal untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Sedangkan secara rohani, kita akan lebih dekat dengan Allah SWT.