IBH: Bedah Buku Islam Wasathiyyah

DepokNews–Suatu kebahagian bagi saya sekaligus bangga para hari ini kepada para ulama Depok yang mengadakan halal bihalal dengan me launching buku Islam Wasathiyyah

Melihat judul buku itu saya juga bertanya apa itu arti dari judul buku tersebut, ternyata kata pak wali “moderat”.

Literasi sangat penting bagi sebuah bangsa, semakin banyak warga membaca semakin maju sebuah kota. Ini budaya yang harus kita hidupkan, memberikan buku lebih berharga sebenarnya, karena “saya hari ini apa yg saya baca kemarin” semakin banyak buku yg kita baca semakin cerdas / pintar suatu bangsa.

Terkait buku ini memang saya belum beca semuanya, tapi saya coba lihat daftar isi dan kata pengantarnya memperlihatkan moderatnya Islam di kota Depok. Sepertinya membahas perbedaan yang diangkat penulis menjadi sebuah potensi.

Sebagian besar warga Depok memang pendatang atau Depok sebagai kota urban, sudut pandang potensi kultural baik dari suku dan agama, potensi intelektual dimana Depok dengan IPM sudah diatas 80 yaitu 82 artinya warga depok pintar-pintar, dan ke 3 potensi sosial yang berkembang di Depok antara pengaruh pendidikan formal dan pendidikan agama sehingga warga Depok bersifat toleransi. Baik antar suku maupun antar agama yang dilandasi oleh pendidikan yang tinggi dan pemahaman agama yang baik.

Terima kasih saya ucapkan kepada MUI wabil khusus para penulisnya yaitu para Doktor semuanya perempuan, keren. Nyok baca buku ini.