Idris: Penumpukan Sampah Terjadi Akibat Kebiasaan Buang Sampah Sembarangan

DepokNews–Wali Kota Depok, Muhammad Idris menyebutkan faktor utama penyebab tumpukan sampah adalah kebiasaan masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Ditambah saluran air yang menyempit akibat sedimen pasir maupun lumpur.

“Saluran air mampet dan musim hujan tiba, tumpukan sampah tidak bisa kita hindari. Untuk itu, pemilahan sampah dari sumbernya, perlu digencarkan kembali,” ujarnya kemarin.

Mencegah penumpukan sampah di beberapa wilayah Kota Depok, Idris mengungkapkan bahwa penanganan sampah harus dikerjakan secara simultan dan butuh kerja sama seluruh pihak.

“Timbunan sampah di Kali Baru Kelurahan Tugu, Cimanggis yang saat ini tengah ditangani dinas terkait menjadi contoh, bahwa penanganan sampah harus dikerjakan secara simultan,” ujarnya

Selain itu pihaknya telah membangun komunikasi dengan wilayah Jabodetabek terkait penanganan masalah sampah. Termasuk banjir, pencemaran udara, dan pembangunan daerah perbatasan.

“Sudah kami bahas dalam rapat yang diketuai Gubernur Jakarta beberapa waktu lalu. Mudah-mudahan ada solusi untuk penanganan sampah, khususnya di wilayah perbatasan,” tutupnya