DepokNews – Kader Posyandu Cempaka RW.03 Sukamaju Baru Tapos mengadakan kegiatan Penimbangan Balita dan Validasi Stunting pada Selasa (15/2/2022) bertempat di Posyandu Cempaka, Kampung Sindangkarsa RT.04 RW.03 Sukamaju Baru Tapos.

Kegiatan penimbangan balita, dibarengi pemberian Vitamin-A yang dilaksanakan Kader Posyandu Cempaka RW.03 dihadiri oleh Lurah Sukamaju Baru Pairin, Ketua TP PKK Kelurahan Sukamaju Baru Hayanah, beserta Kader PKK Kelurahan Sukamaju Baru.

Sekretaris TP PKK Kelurahan Sukamaju Baru Sri Mulyati mengatakan, kegiatan penimbangan dilakukan oleh kader Posyandu Cempaka yang berjumlah 14 orang, dengan diketuai Katinah.

“Selain itu juga dilakukan pengukuran tinggi dan berat badan oleh petugas Puskesmas Kelurahan Sukamaju Baru, guna menvalidasi data stunting sebagaimana arahan Ketua TP PKK Kota Depok Bunda Elly dalam upaya intervensi penurunan angka stunting dan optimalisasi gerakan D’sunting Menara Kota Depok,” ujar Sri Mulyati.

Kata Sri Mulyati lagi, bentuk kegiatan lainnya adalah pemberian susu oleh Lurah Pairin, sebagai asupan gizi tambahan untuk para balita yang hadir.

“Di situ Ibu Hayanah Ketua TP PKK Kelurahan Sukamaju Baru melakukan bincang-bincang dan wawancara kepada orang tua balita,” kata Sri Mulyati.

Lebih lanjut Sri menjelaskan tujuan dari kegiatan penimbangan dan validasi stunting yaitu untuk dapat membantu melakukan monitoring dan validasi data stunting di kelurahan masing-masing, melalui penguatan koordinasi dengan puskesmas, kader PKK dan duta stunting.

“Berikutnya adalah melakukan identifikasi faktor-faktor penyebab stunting pada tiap kasus, agar dapat memudahkan dalam pemberian tindakan penanganan yg tepat dan efektif,” jelasnya.

Sri Mulyati pada akhir keterangannya berharap semua yang dilaksanakan Kader Posyandu Cempaka RW.03 Sukamaju Baru menjadi ikhtiar bersama mewujudkan Kota Depok yang bebas stunting. (shl)