Ikut Lomba 10 Program Tingkat Provinsi Jawa Barat, Inovasi PKK Kecamatan Tapos Manfaatkan Teknologi Digital

Depoknews, Tapos – Dalam rangka mengikuti Lima Kategori Lomba 10 Program Pokok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tingkat Jawa Barat (Jabar) , Tim Penggerak PKK Kecamatan Tapos yang ikut membina para kadernya di Kelurahan Cilangkap membuat inovasi dengan memanfaatkan teknologi era digital.

Anak Yatm Depok Full GRATIS Info Lengkap Pelayanan Optik Sejahtera Klik Disini

Untuk saat ini, PKK Cilangkap yang mewakili Kota Depok lolos semua dari lima kategori lomba yang ada, baik dari Sekretariat, Kelompok Kerja (Pokja) 1, Pokja 2, Pokja 3 hingga Pokja 4.

Ketua Pokja 1 PKK Kecamatan Tapos Asri Peni Lestari yang giat mendampingi pembinaan PKK Kelurahan Cilangkap mengatakan, pihaknya memanfaatkan teknologi digital agar lebih luas jangkauannya dan mudah diakses.

“Untuk memudahkan sosialisasi, pembinaan, dan penyuluhan pola asuh anak dan remaja di era digital (PAAREDI), kami membuat inovasi yang memanfaatkan teknolog digital. Tujuannya adalah agar lebih luas jangkauannya serta mudah diakses oleh para orangtua, masyarakat, dan pendidik,” ungkap Asri Peni Lestari pada redaksi Senin (10/10/2022).

Disampaikan oleh Asri, apa itu inovasi PAAREDI? Berikut Inovasi PAAREDI yang diikutsertakan lomba 10 Program PKK tingkat Provinsi Jawa Barat.

  1. SAGAKAP : Sapa Keluarga Cilangkap melalui media sosial seperti Instagram , facebook, Whatsapp group disampaikan pesan tentang pola asuh anak dan remaja melalui digital.
  2. BERSIMPAAR : Bermain Simulasi Paar adalah permainan yang melibatkan langsung pemain, moderator, nara sumber, penonton yang semuanya berperan aktif dalam permainan.
  3. Kampung PAAREDI : Kampung dimana semua penduduknya sudah mengetahui, mengerti, dan mengimplementasikan pola asuh anak dan remaja di kehidupan sehari-hari dalam keluarganya masing- masing serta dukungan dari semua unsur yang ada dimasyarakat termasuk tokoh masyarakat dan tokoh agama. Pesan- pesan pola asuh anak dan remaja juga dicetak dalam bentuk spanduk yang dipasang di jalan-jalan, tempat ibadah, dan sekolah di lingkungan RW 020 Cilangkap.

Menurut Asri, ada keterkaitan antara Perda Kota Depok sebagai Kota Layak Anak dengan inovasi Kampung PAAREDI.

“Regulasi Perda Kota Layak Anak terlaksana melalui kolaborasi program RW ramah anak dan pembinaan PKK dengan inovasinya kampung PAAREDI dan mendapat dukungan positif dari masyarakat khususnya di wilayah kampung PAAREDI tersebut,” jelas Asri.

Seperti diberitakan sebelumnya, memasuki tahap rechecking Lima Lomba 10 Program Pokok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tingkat Jawa Barat (Jabar), Kota Depok dikunjungi tim rechecking yang diketuai oleh Lina Marlina.

Dengan disambut oleh Walikota Depok, Mohammad Idris didampingi Ketua TP-PKK Kota Depok, Elly Farida beserta sejumlah pengurus PKK Kota Depok lainnya seperti Drg Dewi Ikawati, Tim Rechecking provinsi Jawa Barat langsung mengecek Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos Kota Depok pada Selasa, 4 Oktober 2022.

Ketua TP-PKK Kota Depok, Elly Farida menuturkan, berdasarkan informasi dari tim penilai lomba hanya Kota Depok yang masuk ke dalam lima kategori lomba.

“Kami sangat berterima kasih serta mengapresiasi atas usaha dan kerja para kader. Kader di Kecamatan Tapos memang selalu guyup. Semoga semakin antusias dan semangat,” ucap Bunda Elly sapaan akrab Elly Farida.

Walikota Depok, Mohammad Idris optimistis, Kota Depok bisa meraih juara terbaik dalam Lima Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jabar. Terlebih, Kota Depok menjadi satu-satunya daerah di Jabar yang mengikuti lima kategori dalam lomba tersebut.

“Tentu target kami ingin menjadi yang terbaik, sebab Depok berhasil masuk nominasi di lima kategori Lomba 10 Program Pokok PKK se-Jawa Barat,” tutur Mohammad Idris. (apl)

Published
Categorized as Ragam