Ikuti Era Kebijakan Kendaraan Masa Depan, Wali Kota Depok Jajal Sepeda Listrik di Balai Kota

DepokNews – Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, pihaknya mulai bergerak mengikuti arah kebijakan era penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan masa depan. Untuk itu, Kiai Idris, sapaan akrab Wali Kota Depok, menjajal sepeda listrik di Balai Kota Depok.

“Pemanfaatan kendaraan ini memang pemerintah sudah menganjurkan, mengimbau untuk menggunakan kendaraan tenaga listrik, salah satunya, ramah lingkungan,” kata Kiai Idris usai menjajal sepeda listrik, Rabu (12/04/23).

Selain itu, penggunaan sepeda dan skuter listrik juga lebih praktis dan mengurangi kemacetan.

“Sebab pemakaiannya di tempat-tempat fasilitas yang memang sudah dikaji layak untuk bisa digunakan untuk sepeda dan skuter listrik, seperti trotoar atau jalan untuk sepeda,” ungkap Kiai Idris.

Karena itu, pihaknya bakal membuat titik tempat penyewaan sepeda dan skuter listrik di Balai Kota Depok.

“Misalnya 10 armada itu bisa digunakan bagi pengendara, bisa di parkir di sini, nanti ada parkir auto gate yang berbayar nanti bisa ke Margo, Alun-alun Depok menggunakan ini (sepeda dan skuter listrik), parkirnya relatif lebih aman,” jelas Wali Kota Depok.

“Nanti kita akan bangun di DPRD, dan alun-alun, seperti halte sendiri dan ada pegawainya sendiri, tentunya harus yang mahir menggunakan gadget,” kata dia.

Dalam penempatan titik tempat penyewaan sepeda dan skuter listrik, pihaknya bakal mengkaji kembali.

“Sekarang kami ketemu orang teknisnya, nantinya akan dituangkan dalam bentuk perjanjian kerja sama (PKS),” ujar Kiai Idris.

Dia berharap rencana penggunaan sepeda dan skuter listrik bisa meningkatkan ekonomi daerah, dari sisi Pendapatan Asli Daerah (PAD) nanti ada retribusinya.

“Harapan lainnya dari sisi mengurangi pengangguran dan ramah lingkungan, tentunya ada suasana fun-nya,” tandasnya.

Sumber : depok.go.id