Ikuti Pelatihan Perbengkelan Roda Dua, Peserta Dapatkan Teori dan Praktik

Peserta pelatihan perbengkelan roda dua saat praktik mengenal komponen dasar kendaraan bermotor. (Foto: JD 01/Diskominfo).

DepokNews – Peserta pelatihan perbengkelan roda dua yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok diberikan teori dan praktik. Teori yang diberikan meliputi pengenalan komponen dasar pada kendaraan roda dua, kelistrikan, engine dalam kendaraan roda dua, dan teknik perbaikannya.

“Peserta mendapatkan materi terlebih dahulu, selanjutnya mereka praktek langsung. Alhamdulillah, antusiasnya sangat tinggi, mereka bisa melakukan praktek sesuai materi yang diberikan,” tutur Instruktur Pelatihan Perbengkelan Roda Dua, Jujun Junaedi di sela-sela pelatihan perbengkelan roda dua di Graha Insan Cita, Sukmajaya, Rabu (26/07/23). 

Dikatakannya, sementara untuk praktik, para peserta diajarkan cara mengganti oli, memperbaiki kendaraan roda dua, hingga mengganti komponen kendaraan yang mengalami kerusakan. Selama praktik, disediakan tiga unit kendaraan roda dua yang digunakan sebagai media praktik.

“Selain itu, para peserta juga dikenalkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam memperbaiki kendaraan,” terangnya.

Jujun menyebutkan, ilmu yang diberikan kepada para peserta dapat menjadi modal bagi mereka untuk membuka usaha atau melamar pekerjaan. Para peserta juga telah dibekali dengan alat dasar seperti kunci ring dan kunci T. 

“Alat ini bisa jadi bekal mereka untuk membuka usaha, kalau pun mereka ingin bekerja juga sudah kami berikan materi dan prakteknya sesuai standar yang berlaku,” tambahnya. 

Terakhir, dia berpesan kepada seluruh peserta untuk terus mengasah kemampuan yang sudah dimilikil, dengan mengimplementasikan ilmu yang diperoleh selama pelatihan.

“Ketika sudah beres pelatihan, jangan diam saja. Terus perdalam dan lakukan yang sudah diajarkan agar kemampuannya terus meningkat,” pungkasnya.

Sumber : depok.go.id