Imam Budi Hartono : Pemkot Depok Komitmen Wujudkan 17 SDGs Pembangunan Berkelanjutan Kota Depok

DepokNews–Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menghadiri Kolaborasi Bareng Komunitas (Kongko) Pembangunan hari pertama yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Penelitian Daerah (Bappeda), di Artivator Kafe, Pancoran Mas, Kamis (10/11/22).

Pada kesempatan itu, Bang Imam, sapaan akrabnya, menekankan, konsep pembangunan Kota Depok saat ini harus sesuai dengan konsep Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Tidak hanya fokus memperhatikan manusianya, namun seluruh sumber daya di dalamnya.

“Pembangunan untuk semua bagian tidak terpisahkan, sumber daya manusia (SDM) mulai anak-anak, balita, milenial, lansia, disabilitas bisa diperhatikan dan masuk dalam pengusulan anggaran pembangunan,” katanya kepada berita.depok.go.id, usai acara tersebut.

Bang Imam menyebut, tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup dan pembangunan yang menjamin keadilan.

“Serta terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya,” tuturnya.

Dikatakan Imam, SDGs merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan yaitu, Tanpa Kemiskinan, Tanpa Kelaparan, Kehidupan Sehat dan Sejahtera, Pendidikan Berkualitas, Kesetaraan Gender, Air Bersih dan Sanitasi Layak, Energi Bersih dan Terjangkau. 

Selanjutnya, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, Industri, Inovasi dan Infrastruktur.

“Lalu Berkurangnya Kesenjangan, Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan, Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab, Penanganan Perubahan Iklim, Ekosistem Lautan, Ekosistem Daratan, Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh, dan Kemitraan untuk Mencapai Tujuan,” paparnya.

Selain itu, dalam kegiatan Kongko Pembangunan sesi 1 ini mengambil tema Kota Sehat dan Pengentasan Kemiskinan. Bang Imam pun menyatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sedang berproses menuju kota sehat dan kota hijau.

“Infrastruktur sangat mendukung untuk menjadikan Depok sebagai kota sehat dan kota hijau,” tandasnya.