Ini Cara Cluster Casablanca Cilodong Depok Cegah Warganya Dari Virus Corona

DepokNews– Satgas Siaga Covid-19 Casablanca, D’marco Diamond, RW 01 Sukamaju, Cilodong, Depok, terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar terhindar dari virus Corona.

Ketua Satgas  gugus tugas penangan Covid19 Casablanca, Dr. Rida Hesti Ratnasari, mengatakan sebagai upaya pencegahan merebaknya virus Corona beserta dampak ekonomi yang terjadi, pihaknya telah menerapkan beberapa program  yaitu,Pusat Informasi Kesehatan Warga Casablanca.

“Jadi seluruh warga yang jumlahnya 93 KK, kita sudah memiliki data berapa yang sakit seperti  demam, batuk pilek. Atau pernah mengunjungi Kota transmisi lokal dalam 14 hari terakhir  atau berkunjung ke luar negeri kita punya datanya.  Kita juga punya kartu pasien bergejala khusus ditangani oleh dr. Meillisa, Koordinator Kesehatan,” ujarnya saat dikonfirmasi. Rabu (8/4/2020)

Kemudian,  Program Pusat Informasi Keamanan Warga, setiap orang masuk, kendaraan dan barang harus diketahui dan mengikuti Sistem Keamanan yang telah diberlakukan.

“Sehingga orang baru masuk kita aware ke mereka dan kita mengecek siapa orang baru,”ujarnya.

Selanjutnya, Program Lumbung Sehat, yaitu program bagi warga yang terdampak secara ekonomi. Setiap warga yang tidak mampu bisa mengambil kebutuhan bahan pokok penting di tempat yang disediakan.  Pengaturan antrian mengikuti prosedur pencegahan penyebaran covid-19.

” Jadi di lumbung sehat ini ada beberapa kebutuhan masyarakat  yang disediakan untuk warga yang terdampak. Warga yang datang setiap hari bisa mengambil 2 item kebutuhan. Selain untuk warga terdampak ekonomi, Lumbung Sehat juga bermanfaat bagi warga yang sakit, agar tidak harus membeli kebutuhan di luar cluster, maka dapat dipenuhi dari Lumbung Sehat ini.  Dan ini hasil dari bantuan, partisipasi dan kerjasama warga Cluster Casablanca,” ungkapnya.

Dikatakan Dr. Rida tujuan kegiatan ini yaitu mencegah penyebaran virus Corona di masyarakat serta memberikan edukasi kepada masyarakat agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

” Kita juga membantu pemerintah untuk meringankan beban masyarakat secara ekonomi,” tuturnya.

Sementara itu dr.  Meillisa mengatakan, kondisi kesehatan warga Casablanca dalam keadaan normal. Hal itu dipantau dari kartu sehat yang dibagikan.

” Kita memantau kondisi kesehatan warga, terutama kelompok rentan seperti lansia dan orang yang sedang sakit. Orang luar masuk ke dalam cluster kita batasi dengan pemeriksaan suhu. Semua aman, kalau orang tanpa gejala saya pantau dari kartu kesehatan keluarga. Kita pantau secara berkala,”tuturnya.