Inilah Kampus Terhijau Dunia Versi UI GreenMetric World University Ranking 2019

DepokNews–Wageningen University dan Research, Belanda menjadi Kampus Hijau Terbaik di dunia berdasarkan UI GreenMetric World University Rankings 2019. Sedangkan peringkat kedua dan ketiga diraih oleh University of Oxford, Inggris dan University of California Davis, Amerika Serikat.

Di tingkat Indonesia, Universitas Indonesia (UI) kembali meraih predikat Kampus Hijau Terbaik, yang diikuti oleh Institut Pertanian Bogor dan Universitas Gadjah Mada pada urutan kedua dan ketiga. Pengumuman dilakukan pada hari Selasa (3/12) di kampus UI Depok.

Pengumuman pemeringkatan juga disiarkan secara langsung secara streaming yang disaksikan oleh Perguruan Tinggi di luar Indonesia. Penyerahan langsung plakat penghargaan Internasional akan dilakukan di Zanjan bertepatan dengan the 6 tahun International Workshop on UI GreenMetric World University Rankings (IWGM 2020) di University of Zanjan, Iran, 8-10 Juni 2020.

Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis mengatakan Wageningen University & Research masih menjadi perguruan tinggi hijau terbaik nomor satu dunia sejak 2017,

“universitas ini memiliki keunggulan hampir pada seluruh kriteria di UI GreenMetric bahkan memperoleh nilai maksimal pada 4 kriteria yaitu Pengelolaan Enegi dan Perubahan Iklim (EC), Pengelolaan Limbah (WS), Pengelolaan Air (WR), dan Pendidikan (ED). Universitas ini merupakan universitas pertanian dalam seluruh aspek perkuliahan dan penelitiannya,”ujarnya.

Sementara itu University of Oxford menunjukkan keunggulannya pada Pengelolaan Enegi dan Perubahan Iklim (EC) karena memiliki 3 sumber energi terbarukan, yaitu Solar Cell, Geothermal, Combine Heat and Power dan pengelolaan smart-eco building yang sudah mencapai lebih dari 75%.

” Universitas ini juga memiliki keunggulan pada Pengelolaan Limbah (WS) dan Pengelolaan Air (WR). University of California Davis yang meraih peringkat ketiga memiliki jurusan environmental science yang bereputasi tinggi serta sangat berkomitmen kuat untuk menjaga lingkungan kampusnya tetap asri,”katanya.

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

“Kita tengah menghadapi permasalahan berkenaan lingkungan hidup yang serius, mulai dari perubahan iklim, bencana alam, kekurangan makanan dan air, dan polusi. Terkait permasalahan tersebut, UI mengambil peran untuk meningkatkan upaya keberlanjutan lingkungan hidup di lingkungan global melalui UI GreenMetric,”tuturnya.

Top 10 in the world

  1. WAGENINGEN UNIVERSITY & RESEARCH
  2. UNIVERSITY OF OXFORD
  3. UNIVERSITY OF CALIFORNIA DAVIS
  4. UNIVERSITY OF NOTTINGHAM
  5. NOTTINGHAM TRENT UNIVERSITY
  6. UMWELT-CAMPUS BIRKENFELD
  7. LEIDEN UNIVERSITY
  8. UNIVERSITY OF GRONINGEN
  9. UNIVERSITY COLLEGE CORK
  10. BANGOR UNIVERSITY

Top 10 in Indonesia

  1. UNIVERSITAS INDONESIA
  2. BOGOR AGRICULTURAL UNIVERSITY
  3. UNIVERSITAS GADJAH MADA
  4. DIPONEGORO UNIVERSITY
  5. INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
  6. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
  7. UNIVERSITAS SEBELAS MARET
  8. UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
  9. TELKOM UNIVERSITY
  10. UNIVERSITAS PADJADJARANperubahan iklim.”